4 Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Mati, Kamu Harus Tau!

penyebab aki mobil tekor

otoRev.com – Penyebab Aki Mobil Tekor – Mobil yang tidak bisa distarter memang menyebalkan. Walaupun terlihat remeh, namun bisa mengganggu rutinitas kita sehari-hari. Gara-gara mobil bermasalah, kita bisa terlambat menuju ke suatu tempat. Mobil yang tidak bisa distarter bisa disebabkan karena aki mobil yang sudah kering atau mati, sehingga tidak bisa menghasilkan listrik.

Situasi ini sebenarnya mudah diatasi, kamu hanya perlu melakukan jump start dengan menggunakan power bank yang mendukung atau meminta bantuan dari mobil lain untuk melakukannya. Berikut beberapa faktor paling umum yang menyebabkan aki mobil cepat mati.

Penyebab Aki Mobil Tekor atau Cepat Mati

Terlalu Banyak Mengemudi Jarak Pendek

Aki mobil berpotensi terkuras dengan sendirinya saat kamu terlalu banyak mengemudi dalam jarak pendek. Mengemudi mobil kurang dari 20 menit akan membuat alternator tidak memiliki cukup waktu untuk mengisi ulang aki. Sering mengemudi dalam jarak pendek juga dapat mempersingkat umur aki, yang seharusnya bisa bertahan tiga sampai dengan lima tahun

Suhu Ekstrim

Aki mobil menghasilkan energi listrik melalui reaksi kimia. Suhu yang terlalu panas maupun dingin akan mempengaruhi kelancaran proses kimiawi yang sedang berlangsung.

Gadget Listrik

Selain untuk menstarter mobil, aki juga diperlukan sebagai sumber energi berbagai peralatan yang memerlukan tenaga listrik pada mobil, seperti lampu, klakson, hingga pemutar musik, dan radio. Belum lagi jika kamu memasang gadget tambahan yang memerlukan tenaga listrik. Hal ini akan membuat aki bekerja terlalu keras sehingga membuat aki lebih cepat mati.

Selain itu, menggunakan peralatan yang membutuhkan aki saat mobil sedang tidak bergerak juga dapat mempersingkan usia aki.

Korosi dan Usia

Korosi pada aki dapat menurunkan kinerja aki secara drastis. Untuk menghilangkannya, bersihkan dengan alat pembersih khusus terminal aki atau menggunakan spray khusus yang dirancang untuk membersihkan terminal aki.

Jika aki sudah habis masa pakai, sebaiknya ganti aki dengan yang baru. Komunikasikan dengan tenaga ahli kapan waktu yang tepat untuk mengganti aki mobil. Kamu bisa membeli aki secara online melalui aplikasi AKULAKU. Nikmati juga layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU yang nggak pake ribet.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password