Waspada! Ini Kondisi yang Sering Menyebabkan Ban Mobil Meledak Saat Dikendarai

Penyebab Ban Mobil Meledak

Otorev – Penyebab Ban Mobil Meledak – Kenyamanan dan keamanan saat berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan. Termasuk pada saat kita sedang mengendarainya di jalan.

Alangkah lebih baik memang untuk mengecek dan melakukan perawatan berkala agar kendaraan atau moda transportasi yang kita miliki jauh dari resiko kecelakaan. Yang seringkali diabaikan adalah ban mobil. Padahal tanpa ban mobil yang prima, tentu kita tidak bisa berkendara dengan baik. Ketahui apa saja penyebab ban mobil meledak saat dikendarai.

Dengan mengetahui penyebabnya kita bisa menghindari hal tersebut agar mobil kita jauh dari resiko kecelakaan. Sebab keamanan diri sendiri juga akan mempengaruhi keamanan orang lain di jalan. Bagi pemilik mobil, penting untuk mengecek setiap kondisi dari komponen mobil.

Penyebab Ban Mobil Meledak Saat Dikendarai

  1. Penggunaan Jenis Ban yang Tidak Sesuai

Penyebab ban mobil meledak saat dikendarai yang pertama adalah penggunaan jenis ban yang ternyata tidak sesuai. Dalam keadaan standar, jenis ban yang terbaik ialah yang memang direkomendasikan pabrik untuk kendaraan tersebut. Ketika jenis ban yang digunakan tidak disesuaikan dengan medan atau kondisi jalan maka akan fatal. Misalnya saja jenis mobil adalah city car dan bannya kecil, yang mana kondisi ini tidak akan cocok dengan karakter jalan yang berlobang atau bergelombang.

  1. Kombinasi Velg dan Ban yang Tidak Proporsional

Berikutnya, fakta memang menyebut bahwa ban yang tidak sesuai dengan velg tentu membuat beban yang disangga dinding ban menjadi terlalu berat. Akibatnya adalah ban bisa seolah ditarik sehingga mudah retak. Beberapa akibat ini rentan menjadikan ban pecah atau meledak ditengah perjalanan. Maka dari itu hindari memodifikasi ban atau velg yang tidak standar serta tidak proporsional.

  1. Tekanan Ban Tidak Akurat

Salah satu hal penting ketika melakukan perawatan kendaraan adalah tekanan ban yang harus presisi untuk semua roda. Hal ini agar pengereman menjadi lebih maksimal dan juga dikaitkan dengan efisiensi konsumsi bahan bakar kita. Informasi mengenai tekanan ban ada di sisi pintu pengemudi. Sebagian orang kadang tidak jeli dengan hal ini. Padahal penyebab ban mobil meledak saat dikendarai juga terjadi karena tekanan yang tidak sesuai ketika mengisi angin.

  1. Beban yang Terlalu Berat

Pabrik tentu sudah memperkirakan berapa berat penumpang yang bisa diangkut menggunakan mobil. Salah satu dari sekian banyak penyebab ban mobil meledak saat dikendarai ini adalah beban yang terlalu berat. Semakin banyak dan semakin berat beban dari apa yang diangkut mobil maka semakin besar juga tekanan yang dibebankan pada ban. Tekanan inilah yang terus memaksa ban untuk bekerja lebih keras serta melampaui batas ketahanan sampai ban tersebut tidak mampu lagi untuk menahan tekanan dan menjadi pecah ketika digunakan.

  1. Membiarkan Tambalan Sementara

Proses penambalan ban yang dilakukan oleh para tukang tambal ban umumnya memang model tusuk atau sering disebut tubeless. Padahal model tambal ini hanyalah solusi sementara untuk mengatasi kondisi darurat tersebut. Jika kondisi tambalan ini dibiarkan maka akan membuat adanya gesekan dengan permukaan jalan setiap harinya menjadi rawan bocor. Kondisi ini yang juga menjadi penyebab dari tekanan angin berkurang dan berkemungkinan ban akan meledak saat digunakan.

Waspadai apa saja penyebab ban mobil meledak saat dikendarai diatas. Tak lain untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain. Karena kenyamanan dan keamanan dalam berkendara adalah hal utama agar kita bisa sampai tujuan dengan selamat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password