Ternyata Ini Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Penyebab Mobil Bisa Terbakar

otoRev.com – Akhir – akhir ini peristiwa mobil terbakar marak terjadi. Tentu saja mobil terbakar menjadi sebuah peristiwa naas yang sangat menakutkan bagi sebagian besar orang. Jika tidak menelan korban jiwa mungkin masih bisa dibilang ‘beruntung’ akan tetapi jika sampai menelan korban jiwa tentu hal ini sangat tidak diinginkan setiap orang. Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab mobil bisa terbakar?

Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi penyebab mengapa mobil bisa terbakar. Berikut ini kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda mengenai apa saja yang menjadi penyebab mobil Anda mengalami kebakaran. Cek informasinya di bawah ini!

Penyebab Mobil Bisa Terbakar

Penyebab Mobil Bisa Terbakar Kerusakan

Bahan bakar oli yang bocor

Terdapat cairan mudah terbakar yang bersirkulasi ketika mobil dijalankan seperti halnya bensin, solar, oli mesin, oli transmisi, oli power steering dan cairan pendingin mesin. Semua cairan ini bisa terbakar jika selang atau tangkinya mengalami kebocoran. Kebocoran memang menjadi penyebab utama dalam berbagai insiden kebakaran mobil dimana dalam suhu 7,2 derajad celcius, bensin bisa terbakar dengan percikan kecil seperti api yang berasal dari ruang bakar mobil. Cara terbaik mencegah hal ini adalah merawat sistem sirkulasi bahan bakar dan oli mobil. Jika Anda mencium bau bensin di sekitar dan dalam mobil, Anda bisa segera cari sumbernya kemudian segera perbaiki.

Baca Juga : Tips Mudah Merawat Mesin Mobil Manual yang Benar

Kerusakan listrik mobil

Kerusakan pada sistem listrik mobil adalah penyebab kedua kebakaran mobil ini. Aki mobil yang bermasalah bisa menciptakan timbunan gas hidrogen di ruang mesin dimana gas ini bisa bocor jika terdapat kerusakan pada kabel. Kebakaran yang terjadi akibat kerusakan listrik bisa terjadi hampir di seluruh bagian mobil. Pasalnya sistem listrik mobil ini tidak hanya terdapat di bagian bawah kap mesin melainkan juga di sekujur mobil seperti pintu, bagian bawah karpet, pendingin sampai sistem audionya.

Mesin yang mengalami overheat

Mesin mobil yang mudah panas biasanya disebabkan karena kerusakan radiator atau katup pada mesin yang tidak sempurna. Kerusakan ini bisa menjadi penyebab mesin tidak beroperasi secara efisien, bahkan pembakaran jadi tidak sempurna sehingga akan menyebabkan beban kerja dari konverter katalisis terlalu besar.

Anda tentu harus selektif dalam perawatan dan penanganan mobil. Penyebab mobil bisa terbakar perlu Anda tahu dan Anda hindari.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password