Kebiasaan Berkendara Mobil yang Sebabkan Boros Bensin Harus Anda Hindari

penyebab mobil boros bensin

otoRev – Penyebab Mobil Boros Bensin – Salah satu alasan yang juga turut dipertimbangkan seseorang dalam pembelian sebuah mobil adalah bahan bakar yang dikonsumsinya. Ya, banyak orang selain membeli mobil karena desain juga karena tingkat kehematan atau tidaknya mobil tersebut dalam operasional harian karena tentu mobil akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sehingga memilih mobil yang tepat dan hemat bahan bakar merupakan sebuah kewajiban. Selain itu boros tidaknya bahan bakar bensin yang digunakan sebuah mobil juga berdasarkan kebiasaan berkendara penggunanya. Nah, berikut bagaimana kebiasaan berkendara mobil yang sebabkan boros bensin dan Anda harus hindari!

Penyebab Mobil Boros Bensin

Ngebut langsung setelah lampu merah

Kebiasaan Berkendara Mobil yang Sebabkan Boros Bensin Harus Anda Hindari
Di jalan tol mungkin Anda bisa ngebut karena di beberapa jalan tol memang ada informasi tentang kecepatan minimal berkendara. Akan tetapi di jalanan kota tentu Anda harus berjalan lebih perlahan.

Hal ini tentu saja menggoda Anda untuk kemudian menginjak pedal gas dalam – dalam jika ada kesempatan. Biasanya ini terjadi ketika Anda ada di antrean pertama ketika berhenti di lampu merah.

Apalagi kalau knalpot mobil Anda racing tentu Anda akan tergoda melakukannya. Ditambah lagi ada banyak pengendara sepeda motor di depan Anda yang seketika akan berubah menjadi Valentino Rossi di waktu lampu hijau tiba – tiba menyala.

Memang asyik untuk ngebut akan tetapi tentu hal ini berbahaya apalagi dampak lainnya mobil Anda bisa boros bensin jika Anda tetap saja melakukannya.

Tekanan angin yang kurang

Kebiasaan Berkendara Mobil yang Sebabkan Boros Bensin Harus Anda Hindari
Selain mengenai muatan yang dibawa, mobil juga bisa boros bensin ketika tekanan anginnya berkurang. Dikombinasikan bersama dengan suatu friksi yang dialami ban ketika berkendara tentu tekanan angin di dalam ban bisa berkurang.

Ban dengan tekanan angin yang berkurang tentu akan memberikan efek negatif pada kenyamanan kemudi dan pastinya konsumsi BBM juga akan berpengaruh.

Ketika tekanan angin ban tidak baik BBM akan lebih boros karena mobil akan membutuhkan asupan tenaga lebih dan mengambil dari bahan bakar. Karena itu baiknya Anda periksa tekanan ban mobil Anda seminggu sekali.

Tidak mengikuti jadwal servis secara rutin

Kebiasaan Berkendara Mobil yang Sebabkan Boros Bensin Harus Anda Hindari
Penyebab mobil boros bensin selanjutnya adalah tidak mengindahkan jadwal perawatan berkala tentu akan mengundang masalah. Karena itu memeriksa, mengganti atau melakukan setel ulang komponen mobil di waktu yang tepat sama pentingnya dengan mengisi bensin.

Mobil memiliki banyak komponen bergerak yang seiring dengan pemakaian akan bisa mengalami keausan. Tentu nantinya jika terus digunakan hal ini dapat membuat mobil mengurangi efisiensi bahan bakar.

Selain itu komponen atau suku cadang mobil juga saling terhubung sehingga kalau sudah habis usia pakainya atau mengalami kerusakan bisa merembet ke suku cadang yang lainnya.

Pastikan Anda harus senantiasa memperhatikan oli, filter oli, saringan udara, dan mengisi air aki secara rutin.

Itulah berbagai kebiasaan berkendara mobil yang dapat menjadi penyebab mobil boros bensin dan sangat penting untuk Anda hindari. Baiknya Anda harus upayakan mengecek semuanya secara berkala juga agar performa mobil selalu dalam kondisi baik.

Bagi Anda yang sedang ingin mencari aksesoris atau sparepart untuk mobil atau motor Anda, sekarang Anda dapat membelinya dengan mudah melalui AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan diskon belanja up to 700.000,00. Gunakan kode voucher AIDIA1 untuk mendapatkan diskon belanja super besarnya. So, jangan sampai kelewatan dan selamat berbelanja!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password