Penyebab Mobil Cepat Panas yang Pemilik Mobil Harus Tahu!

penyebab mobil cepat panas

otoRev – Kondisi overheating pada mobil memang dapat terjadi kapan saja dan pada jenis mobil apa saja. Jika Anda pernah mengalami hal ini ada baiknya untuk Anda tidak meremehkannya. Sangat dianjurkan agar Anda segera mencari tahu apa saja yang menjadi penyebab mobil Anda mengalami masalah cepat panas tersebut.

Kondisi mobil yang cepat panas nyatanya terjadi karena beberapa faktor penyebab. Anda harus tahu dan menghindari faktor penyebab tersebut jika kondisi yang tidak diinginkan tidak Anda harapkan terjadi pada mobil Anda. Berikut apa saja penyebab mobil cepat panas yang Anda harus tahu!

Penyebab Mobil Cepat Panas

Cairan radiator yang kotor

Penyebab Mobil Cepat Panas yang Pemilik Mobil Harus Tahu!
Jika Anda memanfaatkan air sumur untuk mengisi radiator tentu hal ini dapat menjadi penyebab mengapa radiator Anda mudah kotor dan jika radiator kotor mobil bisa cepat panas. Hal ini terjadi karena banyaknya logam dan mineral serta unsur lain yang dapat menimbulkan kerak pada elemen radiator mobil Anda. Karena itu akan jauh lebih baik jika Anda tetap gunakan air radiator khusus atau berupa coolant sebagai pengisi radiator mobil Anda. Jika Anda tetap juga gunakan air biasa setidaknya ganti air radiator Anda dalam waktu 5 minggu sekali.

Akan tetapi jika Anda sudah terbiasa memanfaatkan air biasa kemudian ingin menggantinya dengan coolant, maka Anda harus kuras radiator lebih dulu. Karena jika tidak kerak yang terdapat didalam radiator akan membuat kerja radiator di mobil Anda tidak berakhir maksimal.

Kipas mobil mengalami trouble

Penyebab lain yang sering terjadi mengapa mobil cepat panas adalah kondisi kipas radiator yang tidak bekerja secara normal. Tentu hal ini menjadikan kinerja kipas akan membuat sensor dari switching tidak dapat membaca tindakan. Jadi semisal yang seharusnya switching dapat menerima sensor yang dapat membuat kipas pendingin menyala akan tetapi karena sensor mengalami kerusakan maka kipas pendingin tidak kunjung berputar sebagaimana mestinya. Baiknya Anda seminggu sekali periksa kondisi kipas radiator dan pastikan bersih dari debu dan kotoran yang lain utamanya jika mobil sebagai kendaraan utama Anda.

Kadar oktan BBM yang tidak sesuai

Penyebab Mobil Cepat Panas yang Pemilik Mobil Harus Tahu!
Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai tentu akan menjadikan mesin mobil menjadi cepat panas. Hal ini karena kadar oktan bahan bakar yang tidak sesuai dengan mobil sehingga mobil mengalami knocking. Jika hal semacam ini dibiarkan secara terus menerus akan membuat mobil Anda menjadi cepat panas. Untuk mengatasinya Anda harus gunakan BBM yang sesuai dengan spesifikasi dari mobil Anda.

Perhatikan kualitas oli yang digunakan

Penyebab Mobil Cepat Panas yang Pemilik Mobil Harus Tahu!
Oli yang Anda gunakan juga dapat menjadi penyebab mengapa mobil Anda cepat panas. Kondisi oli yang memiliki  kualitas rendah akan menimbulkan terjadinya masalah overheating pada mesin mobil Anda sehingga hal ini nantinya dapat mengakibatkan mobil mati mendadak. Hal semacam ini juga karena oli tidak memiliki kemampuan apapun untuk menahan panas berlebihan.

Akhirnya karena tak mampu menahan panas menyebabkan volume oli berkurang. Jika sudah seperti ini tentu saja kinerja mobil tidak maksimal dan membuat mesin mobil Anda cepat mengalami kerusakan. Karena itu akan jauh lebih baik jika Anda gunakan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda. Pastikan juga untuk Anda melakukan pengecekan secara rutin tentang kondisi mesin agar jangan sampai masalah kebocoran oli terjadi.

Anda yang mencari berbagai komponen mobil, sekarang Anda bisa dapatkan di AKULAKU. AKULAKU bekerjasama dengan Aidia Network dan memberikan promo diskon sampai dengan 700.000,00. Mau? Yuk gunakan kode promo Aidia1 dan raih diskon besarnya sobat!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password