Jangan Mau Ditipu! Ini Perbedaan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu

perbedaan BPKB kendaraan asli dan palsu

Otorev – Zaman serba online dengan teknologi kekinian memang memudahkan kita dalam aktivitas sehari – hari terutama untuk urusan pekerjaan. Hal ini haruslah membuat kita lebih waspada untuk setiap kesempatan. Kasus yang seringkali terjadi adalah pembuatan BPKB kendaraan. Jika pemilik tidak teliti akan BPKB asli atau palsu maka tentu akan merugikan. Ketahui dan kenali apa saja perbedaan BPKB kendaraan asli dan palsu.

Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang tidak mau ribet untuk mengurus hal – hal demikian. Memilih yang memudahkan dengan meminta bantuan orang lain untuk mengambil BPKB. Sangat berisiko jika tidak teliti dan paham betul bagaimana rupa dan wujud BPKB asli dan palsu. Terutama jika anda akan membeli kendaraan dan mengeceknya terlebih dahulu baik dari fisik hingga dokumen – dokumen penting yang dimilikinya.

Perbedaan BPKB Kendaraan Asli dan Palsu

Banyak pemberitaan yang memberikan informasi bahwa adanya sindikat pemalsu surat kendaraan. Ia bisa memalsukan STNK dan BPKB kendaraan. Tentu hal ini bisa sangat merugikan pemilik kendaraan. Sebab angka kerugian ternyata bisa mencapai 100 juta rupiah. Ada di sejumlah daerah di Indonesia yang mana kasus penipuan BPKB ini masih sering terjadi. Agar tidak menjadi korban, kenali ciri BPKB asli.

BPKB asli memiliki cover yang lebih mengkilap daripada yang palsu. Hologram yang ada juga tidak akan berubah warna. BPKB asli tetap berwarna silver apabila disorotkan pada sinar. Sementara pada BPKB palsu akan memancarkan warna kuning jika terkena sinar.

Tidak hanya sampai disitu saja, BPKB asli memiliki nomor yang ada dibawah bagian hologram. Maksudnya untuk bisa mengkategorikan pemilik kendaraan yang berdasarkan dengan domisili. Namun untuk sejumlah nomor memang tidak akan bisa dideteksi pembaca karena memang bersifat sangat rahasia. Nomor ini diatur dan dimiliki oleh Korlantas.

Perbedaan BPKB kendaraan asli dan palsu berikutnya adalah pada bagian identitas pemilik. Untuk BPKB palsu seringkali ditemukan dengan kondisi yang dicetak ulang terutama setelah sebelumnya dihapus. Di halaman ke 14, logo Korlantas akan muncul apabila disinari menggunakan ultraviolet. Kertasnya juga lebih bertekstur kasar dengan pola yang ada pada logo tersebut.

Hal inilah yang wajib diketahui untuk para pemilik kendaraan. Tak lain karena memang BPKB kendaraan adalah berkas atau dokumen penting yang harus dimiliki. Sebaiknya tidak tergiru murah. Tidak membeli kendaraan bekas yang tidak dilengkapi dengan surat atau dokumen penting tersebut. Pemilik atau pembeli bisa mendapatkan sanksi atau bahkan dipidana. Bukan berarti tidak membolehkan membeli kendaraan bekas. Hanya saja pastikan bahwa BPKB tersebut memanglah asli.

Kendaraan bodong adalah istilah kendaraan tanpa dilengkapi surat – surat penting seperti BPKB dan STNK. Sangat berisiko dan tentu tidak disarankan karena bisa jadi kendaraan tersebut hasil dari pencurian atau tindakan kriminal. Dari pihak kepolisian tentu akan memberi sanksi yang tegas terhadap para pelaku tersebut agar tidak meresahkan masyarakat dan menimbulkan kekacauan atau membuat rugi banyak orang.

Pastikan mengenali betul bagaimana perbedaan BPKB kendaraan asli dan palsu ini. Tujuannya untuk menghindarkan kita dari penipuan. Terutama jika akan membeli kendaraan bekas, selain tampilan fisik dan kondisi mesin kendaraan tidak rusak, pastikan pula bahwa anda memiliki dokumen penting yang dibutuhkan. STNK dan BPKB kendaraan harus jelas. Jika seseorang kedapatan membeli kendaraan hasil curian maka bisa mendapat hukuman dengan pasal 55 subpasal 480 KUHP tentang penadah hasil curian dan ancaman empat tahun penjara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password