Perbedaan Bugatti Chiron dan Veyron, Mobil Tercepat di Dunia

bugatti chiron dan veyron

Siapa yang tak kenal Bugatti Veyron, mobil tercepat dan termahal yang pernah dibuat di dunia. Tapi taukah anda bahwa Bugatti telah merilis mobil terbarunya, yang bahkan lebih cepat dan lebih mahal dari Bugatti Veyron? Yap, adalah Bugatti Chiron yang telah merenggut tahta sebagai mobil paling tidak manusiawi di dunia saat ini. Pertama kali di tampilkan pada Geneva Motor Show sebagai Concept Car pada tahun 2016, Bugatti Chiron kini telah dirilis di pasar dengan harga yang sulit dinalar, yaitu 2,7 juta Dolar atau 39 Miliar Rupiah sebagai harga dasar! Tentu harga tersebut akan bertambah jika pembeli ingin menambahkan selera personal pada sang mobil.

Namun taukah anda apa yang membuat Chiron dapat mengalahkan Veyron, dari segi harga maupun performa, dan apa perbedaan kedua mobil yang hanya dapat dibeli jika anda adalah seorang Pangeran Arab Saudi atau seseorang yag digaji per detik? Berikut adalah 5 Perbedaan Bugatti Chiron dan Bugatti Veyron sebagai raja mobil saat ini.

img4-2.jpg

Perbedaan antara Bugatti Chiron dan Veyron

1. Output

Seperti pendahulunya, Chiron bermesin tengah dengan konfigurasi W16 dengan kapasitas 8.000 cc. Chiron juga dilengkapi empat turbocharge yang dikeluarkan pada keempat rodanya. Tetapi mesin Chiron kini memiliki seribu keuntungan yang membuatnya lebih unggul dari mesin Veyron, yaitu menggunakan injeksi langsung dengan turbocharger yang lebih besar dan pintar untuk mereduksi lag pada mesin saat dipacu.

Hal tersebut membuat Chiron mempunyai 1480 daya kuda! Dan memiliki selisih 300 daya kuda (sekitar tenaga yang Honda CIvic) lebih bertenaga dibandingkan Veyron. Chiron juga memiliki torsi maksimum sampai 1600Nm yang membuatnya dapat berakselerasi bagai jet tempur darat!

2. Top Speed

Bugatti Veyron tercepat dengan pembatas yang telah diangkat dapat mencapai kecepatan maksimal 431 km perjam. Sedangkan sang raja baru, Chiron dibatasi memiliki kecepatan maksimal 420 km perjam. Tetapi seperti halnya Veyron, Bugatti dimasa depan akan merilis Chiron yang lebih cepat dan mungkin akan merilis Chiron tanpa pembatas dengan ban yang lebih baik (sampai saat ini tidak ada ban yang dapat bertahan pada kecepatan 450 km perjam).

Pada akselerasi, Bugatti belum merilis angka resminya, tetapi rumor yang beredar Chiron dapat berpacu 0-100 km perjam “kurang dari 2,5 detik”.Chiron juga dapat menyentuh angka 0-200 km perjam kurang dari 6,5 detik dan 0-300 km perjam kurang dari 13.6 detik. Semua estimasi yang diberikan menempatkan Chiron lebih cepat dari Veyron (dan lebih cepat menghabiskan tanki bensin).

img3-2.jpg

3. Berat

Chiron walau lebih cepat, memiliki juga lebih berat dibandingkan saudara tuanya. Dengan berat sekitar 1995kg, Chiron lebih gemuk 150kg, yang dimaklumi karena Chiron memiliki banyak tambahan teknologi yang membuatnya trendi. Tapi pada situasi dibawah kap, Chiron memiliki rasio tenaga terhadap beban lebih baik dibandingkan Veyron. Bagaimanapun, Chiron dan Veyron adalah mobil mewah yang para Pangeran Arab harap saat menungganginya memiliki rasa nyaman dan kemewahan. Hal ini membuat mengurangi beban menjadi tidak mudah.

4. Jumlah Produksi

Selama sepuluh tahun produksi Veyron, Bugatti menjual total 450 model Veyron, yang terdiri dari 300 coupe dan 150 roadster dengan model terakhir dinamai bagai sequel film aksi, Grand Sport Vitesse La Finale.

Lalu apa strategi Bugatti terhadap momongan barunya, Chiron? Bugatti berencana memproduksi 500 unit dengan berbagai model (dengan nama yang panjang), dengan hampir 170 mobil diantaranya telah dipesan oleh orang-orang yang Bugatti sebut “pembeli serius” (nama lain dari biliuner).

Itulah keempat perbedaan kedua mobil tercepat di dunia, Bugatti Chiron dan Bugatti Veyron. Walau Bugatti Chiron hanya menjadi poster di dalam kamar anak muda penuh impian, mobil ini masih mengalami sedikit kendala fisik seperti ban yg tidak mungkin mencapai kecepatan maksimal mesin atau tanki bensin yang habis dalam 9 menit saat kecepatan maksimal, Bugatti Chiron tetap Raja mobil-mobil super kencang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password