Ada 4 Jenis, Kenali Perbedaan Minyak Rem Mobil DOT 3, 4, 5, 5.1

perbedaan minyak rem mobil

otorev.com – Perbedaan Minyak Rem Mobil – Minyak rem mobil sebagai pelumas, memiliki fungsi membuat komponen logam yang bergesekan untuk menghentikan laju kendaraan  tidak mudah aus, tahan panas, dan tidak berubah bentuk pada suhu tinggi. Tahukah Anda ada 4 jenis minyak rem mobil? Anda harus tahu perbedaanya!

jenis jenis minyak rem mobil

Kenali 4 Jenis Perbedaan Minyak Rem Mobil Ini:

  1. Minyak rem mobil DOT 3

DOT 3 adalah jenis minyak rem yang menggunakan glikol eter. Bagi industri minyak rem, glikol eter adalah material yang paling ekonomis.

  1. Minyak rem mobil DOT 4

Jenis minyak rem mobil ini bermaterial glikol eter yang ditambahkan ester borat sebagai aditif. Ester borat dapat membantu memperbaiki beberapa sifat minyak rem seperti meningkatkan titik didih basah dan kering. DOT 4 lebih stabil dan memiliki titik didih yang tinggi. Tetapi begitu cairan mulai menyerap air, titik didih minyak rem DOT 4 akan jatuh secara drastis dan lebih cepat daripada minyak rem DOT 3. Menurut standar FMVSS116, DOT 4 memiliki titik didih kering minimum 230°C dan titik didih basah minimum 155°C.

  1. Minyak rem mobil DOT 5.1

Minyak rem jenis inilah yang sering disebut DOT 4 Plus atau Super DOT 4. Jenis minyak rem ini merupakan minyak rem berbasis glikol eter yang telah memenuhi standar performa DOT 5. Minyak rem DOT 5.1 memiliki struktur kimia yang sama dengan minyak rem DOT 4, sehingga minyak rem ini dapat langsung dicampurkan dengan minyak rem jenis DOT 3 dan DOT 4.

  1. Minyak rem mobil DOT 5

DOT 5 merupakan minyak rem yang berbeda dari yang lain karena berbahan dasar dari cairan silikon. Minyak rem jenis ini sangat unggul pada pertahanan terhadap korosi dan nilai titik didih yang tinggi. Hal ini disebabkan karena DOT 5 tidak menyerap air. DOT 5 sering digunakan pada kendaraan militer yang disimpan bertahun-tahun tanpa pemeliharaan dan harus dapat langsung bekerja secepatnya saat dibutuhkan.

Sekarang Anda sudah tahu perbedaanya bukan? Nah, jika Anda berencana mengganti minyak rem mobil Anda, Anda harus lebih dulu mencari tahu dan memastikan rem jenis apa yang paling tepat untuk mobil Anda tersebut. Karena rem menjadi salah satu bagian penting pada mobil Anda. Saat ini rata-rata mobil sudah memakai transmisi otomatis yang membuat kerja rem semakin banyak. Misalnya jika Anda memiliki mobil varian All New Toyota Fortuner, Anda bisa memilih minyak rem jenis DOT 4 atau DOT 5.1.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password