Inilah 5 Pesawat Tercepat di Dunia yang Pernah Ada

pesawat tercepat di dunia

Salah satu alasan mengapa kita memilih moda transportasi udara yakni pesawat adalah karena waktu yang cepat untuk sampai di tujuan. Lantas apa jadinya jika kita bisa menemukan pesawat tercepat di dunia yang pernah ada? Tentu kemanapun tujuan anda nanti bisa sampai tepat waktu karena performa yang dimilikinya begitu handal. Diketahui setidaknya ada 5 pesawat tercepat bahkan di tingkat dunia yang sudah terkenal.

Mereka memiliki kecanggihan teknologi yang memadai serta membuat pengalaman dalam melakukan perjalanan benar-benar menakjubkan. Selain karena kecepatannya, pesawat ini juga terkenal karena desain yang dimilikinya. Serta adanya kemampuan atau fitur lain yang dirasa sangat memadai. Berikut merupakan beberapa daftar pesawat tercepat yang ada di dunia yang pernah ada.

5 Pesawat Tercepat di Dunia

  1. NASA Space Shuttle

pesawat tercepat di dunia sepanjang masa

Pesawat tercepat di dunia yang pertama adalah NASA Space Shuttle. Untuk Space shuttle sendiri memang merupakan roket peluncur pesawat ulang alik milik NASA yang diterbangkan ke luar angkasa dan bisa digunakan lagi untuk misi selanjutnya. Roket space shuttle ini sudah menjalankan 135 kali misi peluncuran dari tahun 1981. Berfungsi untuk menembus atmosphere bumi yang kecepatannya tentu tidak biasa. Space shuttel sendiri bisa meluncur dengan kecepatan hingga 28.100 kilometer per jamnya atau 1.4 jam untuk mengelilingi bumi.

  1. SR-71 Blackbird

pesawat tercepat di dunia saat ini

Baca juga : Mobil Teraneh Di Dunia, Harga Sampai 10 Triliun Rupiah

Pesawat yang satu ini merupakan pesawat militer yang dibuat oleh Militer Amerika Serikat & Lockheed Martin agar bisa menandingi kecepatan dari MiG-31. Waktu itu memang pesawat itulah yang dikatakan sebagai pesawat tempur tercepat di dunia. Selain digunakan oleh Militer Amerika Serikat, pesawat ini juga disebut Habu yang dipakai oleh NASA> tetapi pada tahun 1998 sempat terjadi kecelakaan yang pada akhirnya mereka mempensiunkan pesawat ini di tahun 1999 dan juga 1998. SR-71 Blackbird memiliki kecepatan 4020 kilometer/jam.

  1. Mikoyan-Gurevich MiG-25

apa pesawat tercepat di dunia

Baca juga : Mobil Teknologi Canggih dan Futuristik Idaman Masa Depan

Termasuk dalam satu keluarga dari Mikoyan Fochound MiG-31 yang mana pesawat tempur supersonik ini memang berasal atau buatan dari Uni Soviet. Pada masanya, pesawat ini memang menjadi pesawat tercepat di dunia. Pesawat yang pertama kali diterbangkan di tahun 1964 dan juga diproduksi di tahun 1984 bahkan saat ini masih digunakan oleh militer yang berasal dari beberapa negara yakni Suriah dan Algeria.

  1. North American XB-70 Valkyrie

pesawat luar angkasa tercepat di dunia

Baca juga : HUD: Teknologi Pesawat Tempur yang Dapat Anda Rasakan Di Dalam Kabin Mobil

Pesawat militer buatan dari Amerika Serikat ini memanglah dikhususkan agar bisa membawa bom nuklir karena memiliki daya ledak besar dan dibutuhkan pesawat yang cepat untuk keluar dari zona tersebut. Barulah setelah menjatuhkan Bom, pesawat ini bisa terbang hingga di ketinggian 70.000 kaki. Meski masih berupa prototype dan juga belum pernah digunakan untuk tugas militer, pesawat tercepat di dunia ini dilengkapi dengan 6 mesin yang bisa melesat hingga 3200 kilometer/jam.

  1. Mikoyan MiG-31

pesawat tanpa awak tercepat di dunia

Mikoyan ‘Foxhound’ MiG-31 ini merupakan pesawat tempur buatan dari Uni Soviet yang pertama kali diterbangkan di tahun 1975 dan dipakai oleh Uni Soviet serta Kazakhtan sampai pada perang dingin. Rencananya, Rusia akan mempensiunkan seluruh pesawat Mikoyan MiG-31 ini di tahun 2030. Pesawat supersonik yang diketahui bisa melesat hingga 2993 kilometer perjamnya atau bisa mengelilingi bumi hanya dengan 13.3 jam perjalanan saja.

Bagaimana menurut anda? Manakah yang menjadi pesawat tercepat di dunia kesukaan anda? Masing-masing pesawat tersebut memiliki kelebihan dan pernah mencatatkan sejarah di dunia penerbangan. Terutama karena kemampuannya yang mampu menembus awan dengan melesat cepat dan merupakan transportasi untuk kepentingan sebuah negara.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password