Parkir Mobil di Jalan Turunan atau Tanjakan, Begini Posisi Ban yang Benar!

Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Jalanan Turunan

Otorev – Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Jalanan Turunan – Dengan mengendarai mobil, kita bisa pergi kemanapun dengan sangat mudah. Meskipun hujan sekalipun, bepergian besama mobil juga lebih aman dan nyaman. Karena itulah, mobil saat ini seakan menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi beberapa orang, khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan.

Mengendarai mobil, kita pasti pernah memarkirkan mobil di pinggir-pinggir jalan, kan? Ya, kebiasaan ini memang sudah menjadi hal biasa bagi setiap pengendara, khususnya pengendara mobil. Tapi tahukah Anda bahwa memarkirkan mobil di jalanan, ada aturan mengenai posisi ban yang harus Anda perhatikan? Lebih khusus saat Anda memarkirkan mobil di jalanan turunan ataupun tanjakan.

Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Jalanan Turunan atau Tanjakan

Cara Parkir di Tanjakan dan Turunan

Idealnya kita bisa memarkirkan mobil dengan posisi ban lurus kedepan sesuai dengan setir. Tetapi aturan ini hanya berlaku untuk Anda yang memarkirkan mobil di area yang datar. Berbeda lagi saat Anda akan memarkirkan mobil di jalanan turunan ataupun tanjakan. Posisi ban tidak boleh lurus ke depan, melainkan sedikit di belokkan ke kiri maupun ke kanan.

Jika Anda memarkirkan mobil di jalanan turunan, maka posisi ban saat parkir yang paling ideal adalah menghadapkan posisi ban depan ke trotoar yang ada di sebelah kiri bodi mobil. Dengan demikian maka akan memaksimalkan cengkraman ban dan juga menghindari mobil nyelonong.

Sebaliknya, jika Anda memarkirkan mobil di jalanan yang menanjak, maka bisa mengatur posisi ban bagian depan menolak dari sisi trotoar. Dengan posisi yang seperti ini mobil akan jauh lebih aman saat diparkir. Selain itu, mobil nyelonong sendiri juga tidak akan Anda temui.

Posisi ban ini perlu Anda perhatikan dengan baik, apalagi Anda memarkirkan mobil dengan waktu yang tidak sebentar, mungkin bisa sampai seharian atau sampai besoknya lagi. Kita tidak tahu kapan komponen mobil bekerja dengan baik. Misalnya saja bagian rem, bisa jadi saat parkir di jalanan menanjak atau menurun dalam waktu lama kondisinya bisa kurang baik atau yang lain sebagainya. Dengan posisi yang tepat seperti ini, maka mobil akan lebih tertahan untuk tidak nyelonong.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password