Lapisan Pelindung Transparan: Pro dan Kontra Untuk Mobil Kesayangan Anda

lapisan pelindung transparan

Otorev.com – Kondisi mobil yang selalu tampak bersih berkilau tentu menjadi kondisi ideal bagi banyak orang. Terlebih jika mobil sering digunakan untuk menghadiri berbagai acara, kebersihan mobil pastilah jadi keharusan. Mobil bersih berkilau tentu akan membuat Anda juga lebih percaya diri. Beberapa perawatan bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kilau mobil, seperti yang paling sederhana adalah mencucinya secara rutin dan mengaplikasikan wax khusus.

Selain dengan perawatan sederhana, Anda juga dapat menambahkan perlindungan pada cat mobil dengan lapisan plastik khusus untuk mobil. Lapisan ini bisa Anda temui di banyak  rumah modifikasi atau car-wraping di sekitar Anda. Tujuan utamanya tentu memberikan perlindungan dari berbagai benda kecil yang mungkin menggores badan mobil.

Tapi apakah penggunaan lapisan pelindung ini perlu? Tim Otorev merangkum beberapa pendapat pro dan kontra pemasangan lapisan pelindung ini pada mobil Anda. Berikut ini pembahasannya.

 

1. Pro: Proteksi

Penggunaan lapisan transparan untuk mobil Anda akan memberikan perlindungan ekstra pada badan mobil. Cat akan lebih terlindung dari partikel kecil seperti kerikil, debu, atau kotoran lain yang berpotensi menggores mobil Anda.

 

2. Kontra: Menguning

Untuk beberapa warna mobil, penggunaan pelindung ini akan sedikit mempengaruhi tampilan warna asli mobil Anda. Pengaruh ini akan muncul ketika penggunaannya telah melebihi batas waktu, yakni sekitar dua tahun. Pada mobil berwarna putih, maka akan nampak sedikit menguning seiring berjalannya waktu.

 

3. Pro: Aplikasi Pada Seluruh Area Badan

Penggunaan pelindung transparan ini keuntungannya adalah dapat diaplikasikan hampir di seluruh bagian badan mobil Anda. Mulai dari bagian kap mobil, atap, bumper bahkan hingga ke door handles sehingga mobil Anda akan terlindung secara lebih maksimal.

 

4. Kontra: Harga

Untuk pengaplikasian pelindung mobil transparan akan cukup memakan biaya. Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk ‘membungkus’ mobil Anda dengan proteksi ini. Harganya bisa bervariasi dan berbeda pada setiap rumah modifikasi atau car-wraping. Konsultasikan lebih lanjut pada rumah modifikasi kepercayaan Anda agar mendapat harga yang terbaik.

 

5. Pro: Nilai Mobil

Mengapa pemasangan perlindungan ini berpengaruh pada nilai mobil? Karena dengan memasang perlindungan ini, mobil Anda akan berada pada tampilan terbaiknya lebih lama. Ketika kemudian Anda ingin menjual mobil Anda, maka nilainya akan tetap tinggi karena kondisi cat dan badan masih mulus.

 

6. Kontra: Perawatan

Memang tidak diperlukan perawatan ekstra untuk menjaga kondisi perlindungan mobil Anda. Dengan mencuci dan memberikan wax,  sudah cukup membantu perawatannya. Tapi cermati bahan yang Anda gunakan agar tidak malah merusak pelindung mobil Anda. Pastikan setiap Anda mencuci atau memberikan wax, tidak ada residu yang tertinggal dan bisa merusak pelindung bahkan cat mobil Anda.

Penggunaan pelindung transparan ini memang sebaiknya diaplikasikan pada mobil kesayangan. Tapi pastikan pemasangannya dilakukan oleh profesional dan ahli agar mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih untuk pemasangan pada mobil mewah seperti Lexus LS 500.

Pemasangan pelindung transparan dapat menjaga kondisi cat dan tampilan agar selalu mulus dan bertahan lebih lama. Keindahan warna LS 500 yang begitu menggoda akan selalu terasa seperti baru. Jika kemudian terjadi kerusakan atau ingin melakukan penggantian, Anda tinggal mendatangi bengkel modifikasi Anda dan lapisan tersebut bisa dilepas dengan mudah.

Sumber gambar: xpel, heffner, detaileddesignsautospa, suntamers, businessinsurance, ibisworld, northamerica

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password