Agar Rem Motor Tidak Cepat Rusak Terapkan Cara Ini!

Rem Motor Tidak Cepat Rusak

otoRev.com – Jumlah populasi kendaraan bermotor semakin lama memang semakin mengalami perkembangan saja. Hal ini sebenarnya cukup beralasan mengingat harga kendaraan bermotor yang cukup terjangkau dengan berbagai varian yang dapat dibeli dengan sistem pembayaran kredit. Hal ini menjadi salah satu penyebab semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor di Indonesia.

Hanya saja semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor ini tidak membuat pengguna sepeda motor memiliki pengetahuan yang cukup mengenai komponen kendaraan bermotor. Beberapa pengguna kendaraan bermotor juga masih tidak memahami mengenai performa motornya, apalagi bagian rem. Padahal mengontrol rem merupakan hal yang wajib dilakukan bagi para pengguna kendaraan bermotor. Agar rem motor tidak cepat rusak, berikut ada beberapa cara yang perlu Anda terapkan. Cek informasinya dibawah ini!

Baca Juga : Tips Rawat Kopling Motor Agar Awet Dan Nyaman Dipakai

Cara Agar Rem Motor Tidak Cepat Rusak

Rem Motor Tidak Cepat Rusak ok

Cara pertama agar rem motor tidak cepat rusak adalah dengan Anda perhatikan benar kampas remnya. Jika kampas dalam keadaan kotor maka baiknya Anda segera bersihkan supaya ketika digunakan kotoran tidak menyumbat area kampas motor Anda. Pastikan juga agar cakram dalam kondisi rata dan tidak terdapat tonjolan karena hal ini dimaksudkan agar perputaran cakram tetap simetris sehingga beban kerjanya tidak terlalu berat. Perhatikan juga mengenai bagian jarak antara kampas rem dengan piringan dan pastikan juga agar jaraknya tidak terlalu dekat karena jika terlampau dekat akan menimbulkan gesekan sehingga laju motor bisa tertahan.

Satu hal yang juga tidak kalah penting yaitu berikan pelumas ke kampas rem dan bearing secara rutin yang tujuannya untuk menghindari terjadinya speeling pada bearing. Oleskan juga pelumas secara merata setiap satu minggu sekali atau jika terkena air hujan. Langkah yang terakhir gunakan rem seperlunya saja dan hindari terlalu sering agar kualitas rem motor Anda bisa tetap terjaga baik kualitasnya. Jika rem motor sudah aus, baiknya segera Anda ganti dengan yang baru demi keselamatan Anda.

Itulah beberapa cara yang perlu Anda terapkan agar rem motor tidak cepat rusak. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password