Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

otoRev – Mengenai komponen mesin pada sebuah kendaraan bermotor ada banyak sekali yang diperlukan untuk menunjang kelancaran akses suatu kendaraan bermotor. Salah satu yang sangat penting adalah piston. Dalam kendaraan bermotor piston juga disebut sebagai seher.

Piston atau seher motor ini merupakan sebuah komponen mesin yang berfungsi sebagai suatu alat penampang dalam membantu menahan tekanan ketika langkah kompresi dan langkah tenaga terdapat pada sebuah kendaraan bermotor. Informasinya mengenai fungsi dan cara kerja seher motor atau piston dapat Anda cek dan simak berikut ini!

Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Seher motor atau yang dikenal dengan istilah piston merupakan area bergerak lurus bolak – balik didalam sebuah silinder bersama dengan ring piston.

Piston ini dapat bergerak turun naik karena adanya suatu proses langkah tenaga sehingga menjadikan piston dapat turun naik.

Dari sisi energi gerak suatu piston turun naik kemudian diubah untuk menjadi sebuah energi putar dengan adanya stang piston agar kendalinya bisa diteruskan menuju ke bagian crank shaft atau poros engkol.

Piston pada motor dengan mesin 2 tak dan mesin 4 tak tentunya berbeda. Apa saja perbedaannya?

Piston atau seher motor pada mesin 2 tak

Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Piston pada kendaraan bermotor mesin 2 tak hanya memiliki 2 buah ring piston yaitu ring kompresi atas dan juga ring kompresi di bagian bawah.

Pada kendaraan bermotor 2 tak, seher motor tidak memiliki ring oli hal ini karena pada mesin 2 tak poros engkol, piston, stang piston dan juga komponen penggerak yang lain tidak terlumasi dengan oli mesin.

Pistonnya dilumasi dengan menggunakan oli samping. Kemudian pada bagian badan piston 2 tak biasanya ada yang biasa polos dan bolong – bolong tergantung juga pada kendaraan bermotornya.

Piston atau seher motor 4 tak

Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Pada seher motor 4 tak umumnya dilengkapi dengan 3 buah ring piston yaitu ring kompresi bagian atas, ring kompresi bagian bawah dan juga ring oli.

Terdapat ring oli pada seher motor 4 tak karena mesin 4 tak memiliki komponen penggerak piston yang sudah dilumasi dengan oli.

Pada permukaan atau tamengnya ada yang dibuat rata, miring atau cekung yang fungsinya juga sama sebagai suatu ruang bakar bagi sebuah kendaraan bermotor.

Seher motor 4 tak tentunya lebih komplit karena dari segi mesin dan berbagai hal di mesin motor 4 tak jauh lebih baik dan upgrade dari mesin 2 tak.

Harga Seher Motor

Itulah informasi selengkapnya yang Anda harus tahu. Untuk Anda yang ingin motor lebih macho juga bisa melakukan bore up dengan modifikasi seher motor atau piston kendaraan bermotor Anda. Dapatkan seher motor terbaik di AKULAKU. Tertarik berbelanja di AKULAKU?

Anda harus tahu bahwa proses pengiriman di AKULAKU akan dilakukan sesegera mungkin setelah pembelian antara pihak penyedia barang dan pembeli deal. Berbagai pilihan pengiriman yang sesuai dengan tempat tujuan pembeli bisa dipilih karena AKULAKU sudah bekerjasama dengan berbagai macam ekspedisi seperti raja kirim, aCommerce, J&T Express, JNE, Pos Indonesia dan berbagai pilihan ekspedisi yang lainnya.

Selain pilihan pengiriman ekspedisi yang banyak, tentunya kejelasan barang yang dikirim juga akan didapatkan sehingga para pembeli bisa memantau barang sampai ketika barang tersebut tiba di tempat tujuan. Anda yang berbelanja di AKULAKU juga bisa dapatkan diskon besar up to 700.000,00. Caranya dengan Anda gunakan voucher belanja dengan kode promo AIDIA1. Happy shopping dear dan dapatkan manfaat belanja dengan AKULAKU.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password