Sejarah Honda Super Cub Sampai Jadi Sepeda Motor Terbaik di Dunia

honda super cub

Kesuksesan Honda Super Cub selama puluhan tahun merupakan langkah panjang dan menjadi bagian yang cukup besar bagi pabrikan berlambang sayap ini. Bertahannya tipe ini hingga lebih dari 60 tahun dengan angka penjualan yang mencapai ratusan juta unit menjadi buktinya. Ternyata, Honda Super Cub punya sejarah panjang yang menarik juga untuk disimak.

Awal Mula Munculnya Honda Super Cub

a.jpg
(global.honda)

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Motor Honda Sonic 150R Terbaru

Awal dekade 1950-an merupakan titik awal dari pertumbuhan raksasa otomotif asal Jepang. Setelah menelan pil pahit kekalahan di Perang Dunia II, industrialisasi di Jepang perlahan mulai menata diri untuk mencari pasar. Di masa inilah, beberapa raksasa otomotif asal negeri matahari terbit yang dikenal saat ini mulai muncul dalam skala yang jauh lebih kecil daripada sekarang ini.

Salah satu pebisnis roda dua Jepang pada waktu itu adalah Soichiro Honda. Pemilik merek pembuatan sepeda motor yang namanya diambil dari nama belakangnya ini waktu itu sedang banyak bereksperimen dalam membuat kendaraan untuk diproduksi. Produksi awal Honda merupakan sebuah sepeda angin yang terlihat seperti ditempeli mesin kecil. Selain itu, kemudian mereka mengembangkan produk kolaborasi dengan pabrikan Jepang lain.

13.jpg
(global.honda)

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Motor Honda Beat 2016

Momen yang kemudian membawa perubahan besar bagi Honda adalah ketika ia berkunjung ke Jerman. Di negara tersebut, industri otomotif roda dua sedang marak memproduksi Moped, sebuah sepeda motor dengan mesin berkubikasi kecil. Moped menawarkan kemudahan berkendara bagi masyarakat perkotaan yang mobilitasnya lebih banyak melintas dalam jarak yang pendek.

Soichiro Honda kemudian mengembangkan produk sepeda motor dengan keperluan yang kurang lebih cukup identik. Sepeda motor yang dia buat tentu diselipi berbagai fitur yang dianggap lebih daripada moped yang sudah ada.

Di tahun 1958, keluarlah seri Honda Super Cub pertama yang dilabeli C102. Bermesin 50 cc, 4 tak dan dilengkapi electric starter. Mesin 4 tak dipilih karena dianggap lebih efisien bahan bakar dan fitur electric starter merupakan keunggulan tersendiri untuk membuat sepeda motor jadi lebih mudah dioperasikan oleh siapa saja.

Pengembangan Honda Super Cub

v4_1_media16.jpg
(global-honda)

Baca juga : Spesifikasi Motor Honda Beat eSP Terbaru

Honda melebarkan sayapnya ke berbagai penjuru dunia, salah satunya Amerika. Dengan permintaan yang cukup tinggi dan strategi pemasaran yang handal, jadilah merek ini menjadi semakin terkenal ke belahan dunia lain juga.

Dalam dekade 1960-an, Honda mengembangkan beberapa tipe yang menjadi penerus C102 seperti C65, C50, C70 dan C90. Keluarnya tipe-tipe tersebut membuat nama Honda makin melesat sejalan dengan angka penjualan yang menanjak dan popularitas yang makin tenar.

Terhitung sudah lebih 100 juta unit Honda Super Cub telah mengisi jalanan di seluruh dunia. Reputasinya sebagai sepeda motor yang irit, bandel dan mudah dikendalikan masih belum terkalahkan oleh pabrikan lain. Pantas saja gelar sepeda motor terbaik di dunia patut disandangnya.

Bahkan, model-model yang dikeluarkan di era tahun 1960-an masih tetap diminati hingga masa sekarang. Hal ini membuat Honda Jepang masih menjual model C50 hingga tahun 2000-an meskipun pengembangan tipe lain masih dilakukan dengan sangat inovatif.

Konsumen fanatik Honda Super Cub kemudian dilayani dengan tipe baru C125 yang keluar pada 2018 yang lalu. Meskipun dijejali berbagai fitur canggih, bentuk bodi Honda Super Cub C125 masih  mempertahankan desain awal dari seri ini yang mudah dikenali dari bentuk bodinya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password