Sejarah Sepeda Motor Suzuki, Pembuat Mesin Tekstil Sampai ke Arena Balap

sepeda motor suzuki

Suzuki merupakan merek kendaraan yang cukup familiar. Di samping membuat kendaraan roda empat, pabrikan ini juga terkenal dengan produk sepeda motornya yang merajai jalanan di dunia. Merek ini menjadi salah satu pabrikan otomotif Jepang yang bisa dibilang cukup sukses merebut hati konsumen otomotif.

Tetapi, awal mula berdirinya salah satu raksasa otomotif dunia ini malah justru diawali dari pembuat mesin tekstil. Pada awal didirikannya tahun 1909 oleh Michio Suzuki, pabrik ini memproduksi mesin untuk kebutuhan pembuatan kain sutra. Selama kurang lebih 30 tahun, Suzuki berkutat untuk memproduksi mesin untuk keperluan tersebut.

mesin tekstil suzuki

Baru pada 1937, Suzuki mulai menyiapkan rancangan kendaraan untuk dapat melakukan diversifikasi industri. Pengembangan kendaraan bermotor ini sendiri sempat terhenti saat Perang Dunia II dimulai dan proyeknya sempat terbengkalai.

Munculnya sepeda motor Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Suzuki, Pembuat Mesin Tekstil Sampai ke Arena Balap

Baca juga : Idaman era 90an, Suku Cadang Suzuki RGR 150 Sulit Dicari

Setelah PD II, Suzuki kembali ke bisnis. Mereka kembali berfokus untuk memulai memproduksi mesin tekstil. Proyek pengembangan kendaraan pun terbengkalai lagi. Pada awal 1950-an, industri tekstil dikabarkan melemah dan membuat petinggi perusahaan ini berputar otak agar mampu bertahan.

Melihat ceruk pasar kendaraan, terutama sepeda motor yang terlihat cukup potensial di Jepang pada waktu itu, Suzuki kemudian mengembangkan kendaraan yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Produk sepeda motor Suzuki pertama bernama “Power Free” dirilis pada 1952.

Suzuki Power Free sendiri secara teknis bentuknya masih sangat sederhana. Sekilas kendaraan ini hanya terlihat seperti sebuah sepeda yang diberi mesin. Dapur pacu yang dipakai sepeda motor ini hanya berkapasitas 36 cc 2-tak.

Akan tetapi, kehadiran Suzuki Power Free kemudian membuka jalan bagi Suzuki untuk mengembangkan tipe-tipe lain untuk penyempurnaan. Produk-produk lanjutan dari Suzuki terlihat semakin diperbaiki dan semakin diterima di pasaran.

Sepeda motor Suzuki di pasar global

Sejarah Sepeda Motor Suzuki, Pembuat Mesin Tekstil Sampai ke Arena Balap

Baca juga : Suzuki GSX-S150, Motor Touring Edisi Terbaru

Suzuki juga mempunyai hasrat untuk menjual produknya keluar Jepang. Dalam hal ini, benua Amerika dan Eropa bisa jadi prioritas pemasaran produk Suzuki. Mereka mulai memperkenalkan produknya ke pasar global dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mengikuti kejuaraan balap motor dunia  dan berusaha memenangkannya.

Ternyata cara ini cukup efektif. Setelah kemenangan berhasil didapat oleh pembalapnya di dekade 1960-an, produk Suzuki semakin dikenal sebagai motor yang agresif. Salah satu tipe Suzuki yang berhasil diterima pasar negara barat adalah T20 yang menawarkan performa maksimal pada mesin yang berkapasitas kecil dan berbobot ringan.

Nama besar Suzuki di pasar global sebagai sepeda motor yang berperforma tinggi ditunjang inovasi dari tim risetnya yang terus mengeluarkan produk baru untuk memperkuat image tersebut. Sebut saja tipe-tipe yang akhirnya menjadi legenda dari merek ini seperti GT-series, RG-series dan GSX-series.

Suzuki di Indonesia

Sejarah Sepeda Motor Suzuki, Pembuat Mesin Tekstil Sampai ke Arena Balap

Sebelum tahun 1970-an, tipe-tipe sepeda motor Suzuki yang beredar di Indonesia jumlahnya tidak terlalu banyak mengingat penjualan tipe dari pabrikan ini masih mengandalkan suplai dari Jepang. Baru pada 1974, didirikan pabrik perakitan motor Suzuki di Indonesia. Mulai tahun tersebut, populasi sepeda motor berlambang S ini menjadi semakin banyak dengan berbagai tipe.

Beberapa tipe bahkan sangat dikenal di Indonesia, seperti A100 contohnya yang diproduksi sampai jangka waktu puluhan tahun.. Salah satu strategi promosi Suzuki di Indonesia juga masuk ke arena balap lokal dan berhasil melambungkan beberapa tipe andalannya yang laris di pasaran. Beberapa tipe tersebut adalah Suzuki Crystal, Tornado, RG150, Satria dan Shogun.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password