Sepeda Motor Terbaik di Dunia Ternyata Banyak Dipakai di Indonesia

sepeda motor terbaik di dunia

Pernah terpikir sepeda motor yang dinobatkan sebagai produk terbaik di dunia? Kalau di pikiran Anda terlintas merek-merek motor terkenal yang membuat sepeda motor berteknologi tinggi dan performa mutakhir, sepertinya Anda agak salah menebaknya.

Menurut beberapa versi media internasional, kendaraan yang dianggap layak menyandang gelar sepeda motor terbaik di dunia adalah Honda Super Cub. Tipe ini sendiri merupakan generasi motor bikinan Honda yang sudah cukup populer, termasuk di Indonesia selama sekitar 50 tahun terakhir.

Alasan dari terpilihnya Honda Super Cub menjadi sepeda motor terbaik di Indonesia melibatkan berbagai pertimbangan. Salah satunya adalah kesuksesan dalam hal penjualan. Setidaknya lebih dari 100 juta unit telah diproduksi Honda dari awal seri ini keluar hingga sekitar 6 dekade setelahnya.

Honda Super Cub dianggap sebagai tipe motor tersukses di dunia dalam hal penjualan dan populasinya hampir tersebar merata di seluruh penjuru dunia. Lebih dari itu, sepeda motor ini telah menjadi bagian dari kehidupan jutaan penggemarnya.

Munculnya Honda Super Cub

merek sepeda motor terbaik di dunia(global.honda)

Baca juga : Rekomendasi Helm Motor Terbaik Cocok Untuk Jadi Teman Jalanan Anda

Ide membuat Honda Super Cub adalah buah dari pemikiran Soichiro Honda, pendiri pabrikan berlampang sayap ini. Pada awal pabrikan Honda yang belum sebesar sekarang, Soichiro merancang sebuah kendaraan ekonomis agar mudah dipasarkan karena sesuai dengan kebutuhan pada waktu itu.

Seri pertama Honda Super Cub diluncurkan pada tahun 1958 dengan tipe C102 yang menggunakan mesin berkapasitas 50 cc. Respon pasar yang bagus sepertinya mendorong pabrikan Jepang ini mengembangkan Honda Super Cub pada masa setelahnya hingga muncul seri, C50, C70 dan C90 pada dekade 1960-an sampai 1980-an.

Tipe-tipe tersebut tetap dipertahankan hingga sekarang dengan sedikit perubahan minor. Meskipun terlihat lawas, tetapi permintaannya tetap tergolong tinggi. Sepertinya pecinta motor ini sudah terlanjur fanatik. Bahkan, pembeli Honda Super Cub baru sekalipun masih menginginkan tampilan lawas pada sepeda motor yang mereka beli.

Honda Super Cub di Indonesia

perusahaan sepeda motor terbaik di dunia(global.honda)

Baca juga : Merek Ban Motor Terbaik Pilihan Pecinta Motor

Di Indonesia sendiri, Honda Super Cub mulai dijual dari tipe pertamanya, C102. Kemudian, tipe lanjutan seperti C50, C70 dan C90 laku keras dan merajai jalanan Indonesia mulai tahun 1970-an. Waktu itu, penjualan Honda Super Cub mampu mengungguli tipe lain. Mesin 4-tak berkapasitas kecil yang diusungnya dianggap mampu menjawab kebutuhan akan efisiensi bahan bakar.

Tipe ini dikembangkan di tanah air sampai keluar seri Astrea dengan tipe 700, 800, Star, Prima dan Grand. Penjualan tipe motor-motor ini juga terbilang sangat memuaskan. Sampai sekarang, seri-seri tersebut itu masih menjadi incaran karena kehandalan dan keiritan konsumsi bahan bakarnya.

merk sepeda motor terbaik di dunia

Baca juga : Rekomendasi Aksesoris Motor Terbaik Cocok Untuk Pasangan Bikers Agar Makin Kompak

Bahkan, hingga sekarang basis mesin Honda Super Cub masih juga dipakai di tipe-tipe sepeda motor terbaru Honda jenis Bebek di Indonesia. Pengembangan Honda Super Cub di Indonesia bisa dibilang sangat masif dibanding beberapa wilayah lain di dunia.

Mesin-mesin seri C100 yang dipakai Astrea Prima untuk pertama kalinya di Indonesia kemudian dipakai juga untuk motor bebek Honda lainnya seperti seri NF. Seri ini muncul dengan penamaan Honda Supra dan dilanjutkan dengan keluarnya Honda Revo. Honda Revo kemudian dikembangkan dengan mesin berkapasitas 110 cc yang dilanjutkan dengan peluncuran Honda Blade

Kemudian, muncul lagi seri ANF yang berkapasitas 125 cc. Sekitar tahun 2003, mesin ini dipakai pertama kali di Indonesia pada tipe Honda Kirana dan berkembang menjadi Karisma hingga Supra 125.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password