Setelah Beli Mobil Bekas, Ganti 3 Komponen Ini

mobil bekas

Jika Anda telah membeli mobil bekas, Anda tentu harus melakukan beberapa perawatan atau perubahan agar mobil yang baru saja Anda beli dapat beroperasi secara maksimal sebelum digunakan untuk berkendara. Bahkan bisa saja terdapat kekurangan di beberapa part pada mobil bekas yang Anda beli.

Setelah membeli mobil bekas, salah satu perawatan yang harus Anda lakukan adalah mengganti beberapa komponen. Jika komponen-komponen ini Anda ganti, dapat dipastikan mobil lama Anda akan terasa seperti mobil baru saat dikendarai. Berikut adalah beberapa komponen tersebut.

 

Oli

Oli yang harus diganti setelah membeli mobil bekas ada beberapa, yaitu oli mesin, oli transmisi, oli gardan, oli rem, dan oli power steering. Penggantian oli ini wajib dilakukan karena kita tidak tahu kapan oli mobil terakhir kali diganti.

Kondisi oli dapat diketahui dengan melihat kekentalan, warna dan kotoran yang ada pada oli. Walaupun oli telihat masih bagus setelah diamati, lebih baik Anda tetap menggantinya dengan yang baru.

 

Aki

Aki pada mobil bekas kemungkinan besar telah soak. Aki yang soak ini akan membuat kondisi mobil menjadi buruk, seperti tidak kuat starter atau muncul bunyi yang mengganggu. Maka dari itu, komponen ini juga harus diganti.

Untuk mengganti aki pun caranya tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan aki yang ukurannya sama dengan aki yang lama. Jika tidak mampu mengganti sendiri, Anda juga dapat menyerahkan mobil pada bengkel atau toko aki agar akinya diganti.

 

Filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara pada bagian dalam mesin agar bebas dari debu. Jika filter udara berfungsi dengan baik, pasokan udara yang masuk bebas ke dalam mesin dapat terjaga kebersihannya dan laju kendaraan pun tidak akan terganggu.

Cara mengganti filter udara sebenarnya cukup mudah. Jika sebelumnya Anda tidak pernah mengganti filter udara, Anda dapat melihat langkah-langkahnya melalui buku manual. Namun jika tidak ingin repot, Anda bisa menyerahkan perbaikannya ke bengkel.

 

Selain mengganti 3 komponen di atas, masih ada beberapa perawatan lain yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas, seperti pada spooring dan balancing untuk menjaga kestabilan sudut roda depan dan putaran roda. Kemudian Anda juga perlu memeriksa mobil secara menyeluruh. Periksalah beberapa komponen utama pada mesin seperti busi, sistem pendingin serta sistem kelistrikan. Anda sebaiknya menyerahkan mobil ke bengkel untuk pemeriksaan ini.

 

Sumber : liputan6.com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password