Mengenal SRS Airbag, Sistem Keamanan yang Wajib Dimiliki Setiap Mobil Modern

SRS Airbag

Sistem kemanan mobil menjadi satu fitur paling penting dalam keadaan darurat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sistem ini berfungsi menjaga keselamatan setiap pengendara dan penumpang di dalam mobil.

Pada titik paling dasar, sistem ini dapat berbentuk sabuk pengaman yang terletak pada kursi atau jok mobil. Namun demikian, untuk melengkapi dan meningkatkan keamanan setiap pengendara, kemudian munculah istilah SRS Airbag.

Seperti namanya, SRS Airbag berupa kantong udara yang dapat secara otomatis mengembang ketika terjadi benturan keras pada badan mobil. Setiap kendaraan modern setidaknya memiliki satu kantong udara atau lebih.

Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui apa itu SRS Airbag. SRS Airbag sendiri merupakan singkatan dari Supplementary Restraint System. Meskipun diberi nama supplementarty atau secara harfiah berarti tambahan, namun sistem ini merupakan satu hal sangat penting untuk menunjang keselamatan berkendara.

Fungsi keamanan yang diberikan oleh kantong udara SRS sedikit berbeda dengan fungsi sabuk pengaman. Jika yang disebut belakangan berfungsi untuk menjaga setiap orang tetap berada di tempat duduknya, kantong udara berfungsi untuk menjaga agar penumpang dan pengendara tidak mengalami benturan dengan benda keras.

Maka dari itu, posisi kantong udara pada umumnya ditemukan pada bagian depan setiap kursi mobil. Meski memiliki nama supplementary, bukan berarti hanya sekedar fungsi sekunder yang tidak memberi peranan penting.

Sebutan supplementary dipakai karena kantong udara memiliki fungsi utama untuk membantu sistem keamanan lain seperti sabuk pengaman dalam menunjang keselamatan penumpang dan pengendara. Peran kantong udara tidak perlu diragukan lagi karena sangat banyak nyawa terselamatkan.

Pada prakteknya, sistem kantong udara memiliki beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan pada mobil. Memang, ada jenis apa saja?

1. Frontal Airbags

Frontal Airbags
Sumber : team-bhp,com

Jenis paling umum yang ditemukan pada setiap mobil modern yakni frontal airbags. Seperti namanya, letak dari kantong udara ini ada pada bagian depan kursi pengemudi dan di samping pengemudi.

Hal ini dikarenakan, ketika terjadi benturan, roda kemudi memiliki potensi tinggi enyebabkan cedera parah, sama seperti dengan dashboard mobil yang biasanya bertekstur keras. Kondisi ini cukup berbeda dengan bagian belakang yang tertahan oleh kursi depan jika terjadi benturan.

2. Side Impact Airbags

Side Impact Airbags
Sumber : https://www.lexus.co.uk/car-models/gs/#hero

Side Impact Airbags menempatkan kantong udara hampir di sekeliling kabin mobil. Tujuan utamanya adalah memberikan perlindungan ekstra yang tidak hanya mengurangi efek benturan dari depan, namun juga dari samping.

Meski terlihat lebih tidak nyaman, namun model ini memberikan proteksi lebih tinggi dan sangat mengurangi benturan yang terjadi pada setiap posisi duduk.

3. Single Airbag

Single Airbag
Sumber : autocar.ethiopianfestival,org

Single Airbag hanya berada pada bagian pengemudi saja. Biasanya diaplikasikan untuk mobil yang dikhususkan untuk dikendari satu orang. Umumnya diletakkan pada bagian roda kemudi guna melindungi pengendara ketika terjadi benturan.

Dengan mengetahui beberap model kantong udara di atas, tentu Anda dapat mulai memberikan perhatian lebih untuk menyesuaikan dengan keselamatan saat berkendara.

lexus es 300h

Jika Anda membutuhkan proteksi maksimum, pastikan kendaraan yang Anda miliki memiliki model side impact airbags. Model airbag seperti ini bisa Anda temukan pula pada beberapa unit produksi Lexus, salah satunya adalah Lexus ES 300h.

Di samping desain khas Lexus yang elegan, ES 300h juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk semua posisi duduk. Tidak hanya dua di bagian depan, namun sepuluh kantong udara siap memberikan jaminan keselamatan bagi Anda dan penumpang lainnya.

Komitmen Lexus untuk memberikan yang terbaik memang selalu tercermin pada setiap produknya yang tentu unggul dalam desain dan fitur khusus, serta faktor keselamatan ketika Anda berkendara.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password