Gabung Komunitas untuk Dapatkan Suku Cadang Lawas Harley Davidson 1903

Gabung Komunitas untuk Dapatkan Suku Cadang Lawas Harley Davidson 1903

Dunia otomotif memang sudah berkembang dengan pesat dan tidak dapat dipungkiri jika saat ini banyak sekali mobil atau motor keluaran terbaru dengan desain yang keren dan performa yang menakjubkan. Namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh pada pecinta motor lawas karena mereka akan tetap setia dengan motor lawas yang dimiliki meskipun memiliki motor yang baru.

Saat ini motor lawas yang masih ramai diperbincangkan adalah Harley Davidson 1903. Menurut Saulus Lacaden yang merupakan sesepuh Klub Harley Bandung dan Koordinator Vintage Harley Davidson Enthusiast of Indonesia ini bahwa sekarang tidak terlalu kesulitan ketika harus mencari onderdil atau suku cadang pengganti yang rusak. Dia mengaku jika adanya e-bay sangat membantu untuk mencari suku cadang lawas Harley Davidson 1903 yang mengalami kerusakan. Yang harus dilakukan hanya perlu mencari dan membeli dari e-bay.

Suku Cadang Lawas Harley Davidson 1903

Saulus sendiri mengendarai seri Douglet yang dikeluarkan pada tahun 1959 serta WLA 1942 dan ia mengaku mulai naik motor Harley pada tahun 1983. Dulu untuk mendapatkan suku cadang pengganti yang sudah rusak, prosedur yang dilalui cukup panjang karena harus impor dan harga yang diterima sangat tinggi bisa sampai jutaan karena suku cadang tersebut hanya dari satu sumber yaitu langsung dari produsennya di Amerika.

Dulu, misalnya salah satu partnya rusak, sebut saja gigi dalam dan seker sudah rusak atau aus maka Saulus dan pemilik Harley Davidson 1903 yang lainnya akan kebingungan dan bersiap mengandangkan motor karena untuk mencari oderdil yang asli sangat susah di dalam negeri dan jika import, biaya yang dibutuhkan juga tidak sedikit.

Jalan keluar yang diambil untuk permasalahan tersebut adalah mencari suku cadang yang pas atau mengkanibal dari suku cadang mobil. Istilah yang digunakan untuk membuat suku cadang sendiri ini oleh kalangan pecinta Harley Davidson tua adalah  made in. Saulus mengakui jika dulu ketika seker Harley Davidsonnya rusak maka dia akan mengakalinya sendiri dan biasanya dia memakai seker dari mobil Colt atau Mazda yang lama asalkan pas.

Baca juga : Idaman era 90an, Suku Cadang Suzuki RGR 150 Sulit Dicari

Berbeda dengan Saulus, Yudit Corleon yang merupakan Vice President dari Komunitas Ikatan Sport Harley Davidson atau ISHD Jawa Barat yang mengendarai seri Harley FLH 1979 menyebutkan bahwa untuk mencari suku cadang Harley Davidson 1903 saat ini banyak terbantu dari adanya komunitas-komunitas yang sudah tersebar di seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Misalnya saja menurut Yudit jika di Jawa Barat bisa melakukan jual beli suku cadang Harley Davidson 1903 bisa diperoleh dari Komunitas Brotherhood MACI yang juga perorangan pemilik Harley. Untuk Jakarta, terdapat cukup banyak jika ingin mencari suku cadang Harley Davidson 1903 dengan harga yang relatif murah, misalnya dari Komunitas Harley Dipatiunus  atau Bengkel Mas Jawir. Tapi jika suku cadang Harley Davidson 1903 yang dibutuhkan tidak ada di Indonesia, maka komunitas bisa mencarikan suku cadang yang dibutuhkan dengan jaringan ISHD di Amerika.

Baca juga : Suku Cadang Asli atau Palsu? Ini Cara Mudah Membedakannya

Pada intinya, mencari suku cadang Harley Davidson 1903 bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu dengan membeli melalui situs online yang menyediakan suku cadang Harley Davidson 1903 yang dibutuhkan atau mencari informasi dengan bergabung komunitas untuk mendapatkan suku cadang Harley Davidson 1903 dengan mudah dan harga lebih terjangkau.

Itulah sedikit ulasan tentang suku cadang Harley Davidson 1903. Yang namanya barang jadul sudah pasti sangat sulit untuk menemukan suku cadangnya. Terlebih lagi pihak pabrikan tidak lagi memproduksi suku cadang tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password