Idaman era 90an, Suku Cadang Suzuki RGR 150 Sulit Dicari

Idaman era 90an, Suku Cadang Suzuki RGR 150 Sulit Dicari

Saat ini banyak sekali yang terlihat menggunakan motor sport sebagai alat transportasi. Namun sebenarnya motor sport tidak hanya ada baru-baru ini saja tapi memang sudah ada sejak dulu dan sampai saat ini masih ada beberapa motor sport lawas yang masih dimiliki bahkan masih bisa digunakan dengan baik. Salah satu motor sport lawas itu adalah Suzuki RGR 150.

Suzuki RGR 150 merupakan motor sport 2 tak keluaran Suzuki yang sudah hampir tidak terlihat penggunanya. Motor ini menjadi idaman anak muda pada era 1989 – 1990an dan saat ini suku cadangnya sudah sulit dicari.

Suku Cadang Suzuki RGR 150 yang Sulit Dicari

suzuki rgr modif

Faizal Gatot Djumharto yang merupakan Divisi Humas RGR Milenia mengatakan bahwa suku cadang Suzuki RG memang sulit untuk didapatkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan suku cadang Suzuki RGR 150 adalah memiliki jaringan dengan komunitas. Komunitas tersebut bisa berasal dari luar kota atau secara online karena memang Suzuki sudah tidak memproduksi sehingga suku cadang Suzuki RGR 150 benar-benar merupakan barang-barang jaman dulu.

Baca Juga : Spesifikasi Suzuki Address F1 Terbaru, Motor Suzuki yang Harus Anda Punya!

Faizal juga menjelaskan jika pemiliki motor Suzuki RGR 150 memang harus memiliki link jika ingin mencari suku cadang dan harganya hampir sama dengan suku cadang motor zaman sekarang karena susah didapat. Sulitnya mendapatkan suku cadang dan Suzuki RGR 150 yang hampir punah menurutnya juga karena kurangnya dukungan dari Suzuki Indonesia sendiri.

Tidak seperti RX King yang tetap disupport oleh Yamaha dan komunitas apapun tetap mendapatkan support. Tidak seperti Suzuki yang hanya support motor keluaran terbaru dan tidak support motor lawas. Hal inilah yang menjadikan suku cadang dan yang lainnya susah serta masalah dari pabrikannya juga.

Baca Juga : Suzuki TS, dengan Desain Era 1990-an Menjadi Motor Trail Impian

Spesifikasi Suzuki RGR 150

kelemahan motor rgr

Pada era 1990 awal, Suzuki RGR 150 dipasarkan pertama kali di Indonesia melalui PT Suzuki Indomobil Sales dan menjadi motor paling keren di kelasnya. Motor yang mengusung model sport ini merupakan motor monoshock dengan kubikasi 150 cc. Suzuki RGR 150 sebenarnya sudah ada dari tahun 1989 namun saat itu hanya pesanan khusus kalangan internal Suzuki dan hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Dan pada tahun 1990an itulah motor ini dikenal dengan Suzuki RGR Sprinter karena model lampu belakangnya yang sama persis dengan Suzuki tipe bebek bernama Sprinter.

Suzuki menanamkan spesifikasi mesin berpendingin udara dan karburator besutan Mikuni yaitu tipe VM26SS. Kapasitas mesin ini adalah 147 cc dengan bore 59 mm dan stroke 54 mm pada motor ini. Suzuki RGR 150 juga sudah mengusung teknologi canggih yaitu SSS atau Super Scavengin System. SSS merupakan penerapan tiga multi lubang transfer yang bisa mengolah pembakaran mesin menjadi lebih sempurna, padat, serta merata ke semua ruang pembakaran.

Baca Juga : Suzuki Wagon R Mulai Diperkenalkan dengan Tiga Versi

spesifikasi suzuki rgr

Pada saat itu Suzuki RGR 150 sempat mendapat predikat motor sport 2 tak 150 cc paling boros di kelasnya karena untuk 1 liter bensin hanya bisa menempuh jarak 5 – 6 km saja. Namun Suzuki RGR 150 tetaplah menjadi motor eksotis di kelasnya dan saat ini Suzuki RGR 150 banyak diburu konsumen. Tapi memang suku cadang Suzuki RGR 150 yang langka masih menjadi kendala.

Seri dari motor RGR yang paling diburu oleh pecinta motor lawas adalah keluaran pertama. Alasan memilih Suzuki RGR keluaran pertama adalah karena body yang dimiliki motor ini lebih ramping.

Itulah sedikit ulasan tentang suku cadang Suzuki RGR 150. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password