Teknologi Anti-Slide Karya Bosch pada Sepeda Motor, Inilah Teknologi Baru dalam Keamanan Berkendara

Teknologi Anti-Slide Karya Bosch

Teknologi Anti-Slide Karya Bosch – Masyarakat Indonesia merupakan salah satu pengguna kendaraan roda dua terbanyak di dunia. Tercatat pada tahun 2017 saja penjualan sepeda motor menembus angka lima juta unit, bahkan pernah menembus angka delapan juta unit pada 2011 silam.

Sekurang-kurangnya dalam satu keluarga di Indonesia memiliki satu unit motor di rumahnya. Selain harga yang relatif terjangkau, sepeda motor dianggap lebih efektif dan efisien sebagai alat transportasi di Indonesia.

Angka tertinggi kecelakaan di lalu lintas di darat pun dipegang oleh kendaraan roda dua ini. Tercatat ada lebih dari seratus tiga puluh ribu kejadian. Angka ini pun tidak mengurangi minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan roda dua ini.

jalan macet
Sumber : edunews,id

Akibat kecelakaan ini berdampak pula terhadap tingginya korban kecelakaan lalu lintas akibat sepeda motor. Hal ini dikarenakan pada sepeda motor tidak dilengkapi sistem keamanan seperti halnya mobil.

Menghadapi permasalahan ini, perusahaan Teknologi Jerman Bosch sedang menguji teknologi keamanan baru untuk sepeda motor yang dapat menghindarkan pengguna roda dua agar tidak keluar dari lintasan jalan.

sepeda motor bosch
Sumber : motorcycles,com

Perusahaan Bosch adalah salah satu penyuplai komponen otomotif terbesar di dunia. Perusahaan Bosch memproduksi rem, kontrol, komponen elektik, sistem bahan bakar, generator, stater, dan sistem kemudi.

Perusahaan Bosch pula lah yang pertama kali memproduksi Anti-Lock Braking System (ABS), Track Control System, sensor oksigen, injektor, dan pompa bahan bakar.

bosch motor bike
Sumber : youtube,com

Perusahaan Bosch saat ini sedang mengembangkan sistem anti-slide, yang membantu pengendara agar tidak tergelincir. Teknologi ini sesungguhnya bukanlah suatu teknologi baru.

Teknologi ini diadaptasi dari teknologi yang digunakan astronot di luar angkasa. Sistem anti-slide dari Bosch ini menggunakan inflator airbag di mobil untuk memberikan gaya lateral eksternal ketika ban motor kehilangan traksi.

Mudahnya, ketika sepeda motor meluncur tergelincir jatuh, pendorong gas akan memukul mundur dan meluruskan sepeda motor.

teknologi anti slip motor bosch
Sumber : bosch-presse,de

Pendorong ini memiliki gaya yang berlawanan dengan roda geser sehingga memungkinkan pengendara untuk menstabilkan kembali kendaraannya. Gas didorong keluar dari pendorong motor.

Hal ini mirip dengan prinsip kerja pendorong retro pada pesawat luar angkasa. Roket retro ini digunakan pesawat luar angkasa untuk merubah arah.

Pada sistem anti-slide Bosch ini, gas pendorong diaktifkan agar pengendara mendapat traksinya kembali. Sistem anti-slide Bosch ini tidaklah meluruskan suatu kemiringan melainkan membalikkan kendaraan pada posisi semula.

teknologi air jets motor bosch
Sumber : motorcyclenews,com

Namun terdapat beberapa kelemahan yang ada pada sistem anti-slide ini. Pertama, teknologi ini masih dalam tahap pengembangan sehingga kelayakannya masih dipertanyakan.

Kedua, seperti halnya airbag, sistem ini hanya bisa digunakan dalam satu kesempatan. Hal ini dikarenakan sistem pendorong ini pun hanya dapat digunakan satu kali.

Ketiga, biaya sistem ini masih terlalu mahal. Harus diupayakan upaya untuk menurunkan biaya produksinya tanpa mengurangi efisiensinya.

Keempat, tidak semua pengendara memiliki respon yang sama saat dalam kondisi tergelincir. Beberapa pengendara bisa jadi terhentak dan jatuh akibat dorongan dari pendorong yang ada pada sistem anti-slide ini.

Pihak Bosch masih melakukan riset untuk memecahkan permasalahan dalam sistem anti-slide ini. Bosch sendiri masih belum memberi nama resmi pada teknologi ini.

Namun diharapkan teknologi ini dapat mengurangi jumlah korban kecelakaan pengguna kendaraan roda dua. Nah, pengguna kendaraan roda di Indonesia sebaiknya bersabar dahulu.

Untuk menghindari kecelakaan sebaiknya tetap berhati-hati dan selalu waspada ketika berada di jalan raya, dan selalu safety riding.

Sumber Featured Image : youtube,com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password