HUD: Teknologi Pesawat Tempur yang Dapat Anda Rasakan Di Dalam Kabin Mobil

teknologi pesawat tempur

Ketika Anda menyaksikan film bertemakan perang pesawat canggih, tentu Anda pernah melihat bentuk dari kokpit jet tempur yang ada. Kokpit tersebut berisi berbagai tombol dan tuas untuk mengendalikan jet tempurdengan teknologi yang cukup canggih. Selain itu, terdapat pula layar atau tampilan pada bagian kaca jet tempur untuk memperlihatkan bermacam status dan informasi dari keadaan jet tempur itu sendiri. Fitur ini disebut dengan Head Up Display.

Fitur Head Up Display, kemudian disebut dengan HUD, merupakan fitur canggih yang menampilkan berbagai status langsung di hadapan pengemudi. Beragam informasi tersebut ditampilkan tepat di bawah pandangan pengemudi. Fitur ini yang kemudian diadaptasi pada kendaraan komersial lain, yakni mobil. Mobil yang biasanya menyematkan fitur ini pada produknya adalah mobil mewah yang memiliki ceruk pasar khusus. HUD dapat membantu pengemudi untuk mengetahui kecepatan terkini, sisa bahan bakar, jarak tempuh, lokasi stasiun pengisian bahan bakar terdekat, keadaan cuaca, dan lain sebagainya.

Mengapa HUD menjadi penting dalam berkendara? Karena dengan fitur HUD Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai kendaraan Anda tanpa harus mengalihkan pandangan ke arah lain atau ke gadget lain. Hal ini penting untuk tetap menjaga fokus Anda pada jalan yang Anda lalui sehingga konsentrasi Anda tidak terbagi.
Beberapa contoh lain keuntungan dari fitur HUD ini adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Keselamatan

mobil lexus lx 570 mewah

Fitur HUD ditujukan untuk meningkatkan keselamatan berkendara Anda. Fitur HUD yang terhubung dengan kamera kecil di bagian depan mobil, dapat membantu Anda ‘memperlihatkan’ kondisi jalan ketika kondisi sedang berkabut. HUD dapat memberikan tampilan garis marka jalan, hingga memperkirakan jarak kendaraan yang berada di depan mobil. Namun setiap seri mobil memiliki kemampuan berbeda untuk menampilkan HUD karena tergantung pada teknologi yang diaplikasikan pada mobil tersebut.

2. Membantu Berkendara Jarak Jauh

lexus membantu berkendara jarak jauh

Bayangkan ketika Anda berkendara dengan jarak jauh dan melewati tempat yang sebelumnya belum pernah Anda kunjungi. Tentu Anda akan sangat membutuhkan bantuan fungsi GPS dimana fungsi GPS biasanya terdapat pada telepon pintar atau perangkat khusus GPS. Akibatnya Anda harus berulang kali mengalihkan pandangan dari jalan.
Cara ini cenderung tidak efektif sekaligus membahayakan. Dengan hadirnya HUD, Anda dapat menghubungkan fungsi GPS pada perangkat lain. Informasi dari GPS dapat langsung ditampilkan ke kaca di depan Anda. Sangat praktis dan nyaman.

3. Asisten Berkendara

asisten berkendara

Beberapa HUD juga dilengkapi dengan simulasi perkiraan rute jika akan terjadi benturan atau tabrakan. Fungsi ini akan menunjukkan manuver apa yang perlu Anda lakukan untuk menghindari benturan yang mungkin terjadi. Dengan bantuan fungsi ini, risiko kecelakaan dapat diminimalisir. Meski demikian, Anda tetap wajib menjaga konsentrasi dan fokus terhadap kondisi jalan di hadapan Anda. Secanggih apapun HUD, hanya berfungsi sebagai pembantu dalam berkendara, bukan penjamin keselamatan.

Selain tiga fungsi di atas, keberadaan HUD juga akan membuat mobil Anda nampak futuristik dan elegan. Beberapa produsen telah menerapkan HUD di mobil produksi mereka, sebut saja Lexus. Unit SUV mewahnya yakni LX 570, telah memiliki fungsi HUD yang cukup canggih. Tampilan HUD pada LX 570 dapat menunjukkan kepada Anda mengenai jarak mobil di depan, kondisi cuaca terkini, rute terbaik, serta menunjukkan jalan ketika terjadi kabut yang menutupi pandangan.

Selain HUD, tentu setiap unit produksi Lexus juga menjanjikan kenyamanan berkendara dan kemewahan yang sempurna. Sangat sesuai untuk Anda yang memiliki selera tinggi dan standar di atas rata-rata.

Sumber Gambar : pinterest, lexusperu, whichcar, pcmag, wikimedia

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password