Sebelum Beli Mobil, Kenali Dulu 4 Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya

Otorev.com – Jika diperhatikan secara fisik, berbagai mobil yang lalu-lalang di jalanan memiliki tipe-tipe mobil yang bervariasi. Seakan, semuanya memiliki karakternya sendiri. Nyatanya, mobil memang terdiri dari jenis yang sangat beragam yang karakternya dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik.

Jika Anda berencana untuk membeli mobil, tentu penting untuk mengenal lebih dulu tipe mobil berdasarkan karakteristiknya. Jadi kendaraan yang akan dibeli pun tidak hanya sedap di pandang, namun juga harus memiliki nilai guna yang mampu menunjang kebutuhan.

Perkembangan dunia otomotif dalam hal ini mobil memang terus melesat. Pada dasarnya, tipe-tipe mobil yang ada di pasaran berkembang karena pengaruh tingkat kebutuhan masyarakat itu sendiri.

Kita tidak akan tahu di masa depan nanti mungkin saja akan muncul mobil terbang atau tipe mobil canggih lainnya. Namun untuk tahun 2018, ada 4 tipe mobil paling populer di pasar otomotif dunia termasuk di tanah air. Apa saja? Cek tipe-tipe mobil berdasarkan karakteristiknya berikut ini.

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya

1. Hatchback

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya
Sumber image : www,autocar,co,uk

Tipe mobil berdasarkan karakteristiknya yang pertama adalah hatchback atau lebih familiar dengan julukan city car. Jenis mobil ini bisa dikatakan menjadi yang paling dominan ditemui di kawasan perkotaan.

Dengan ukuran yang relatif kecil namun tetap stylish, membuat hatchback banyak diincar karena pas jika digunakan di kawasan perkotaan yang memiliki medan jalan datar dan ringan.

Ciri yang melekat pada jenis mobil ini adalah ruang kabinnya yang menyatu sehingga lebih fleksibel dalam menyimpan barang. Contoh kendaraan jenis hatchback misalnya Mercedes Benz A Class. Mobil jenis ini sangat cocok digunakan untuk kebutuhan anak muda perkotaan.

Baca juga : 4 Tema Warna Mobil Paling Populer Saat Ini!

2. MPV (Multi Purpose Vehicle)

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya
Sumber image : mercedesblog,com

Bagi Anda yang membutuhkan kendaraan dengan kapasitas penumpang yang luas, maka kendaraan jenis MPV ini adalah jawabannya. MPV identik dengan dimensinya yang luas dengan kapasitas hingga 8 penumpang.

Tak heran, tipe mobil MPV sangat pas untuk dijadikan kendaraan pilihan ketika mudik atau liburan bersama keluarga. Contoh mobil MPV yang beken misalnya VW Caravelle atau Mercedes V Class.

3. SUV (Sport Utility Vehicle)

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya
Sumber image : www,bmw,com,au

Jika Anda mencari kendaraan yang mampu menembus berbagai medan, maka tipe mobil jenis SUV adalah pilihan terbaik. SUV memiliki karakteristik dari ketangguhan dan kapasitasnya yang luas yakni dari 5 hingga 8.

Beberapa jenis SUV bahkan bisa menembus medan yang licin, menanjak, hingga berbatu. Contoh mobil tipe SUV misalnya Audi Q7 atau BMW X5.

Baca juga : Ini 5 Keunggulan Mobil Bermesin Hybrid

4. Sedan

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya
Sumber image : lexusenthusiast,com

Tipe mobil berdasarkan karakteristiknya yang terakhir adalah sedan, dengan klasifikasi 5 pintu (1 pintu bagasi dan 4 pintu akses penumpang), kapasitas  5 penumpang, dan ground clearance yang rendah.

Selain tipe sedan biasa, ada pula 2 tipe turunannya yakni sedan coupe dan station wagon. Untuk sedan coupe merupakan sedan dengan sentuhan sport yang kapasitasnya hanya untuk 2 hingga 4 orang.

Umumnya, coupe memiliki 2 pintu saja namun ada juga manufaktur yang menciptakan sedan coupe 4 pintu. Selain itu ada sedan jenis station wagon yang bagian atap belakangnya memanjang hingga menutupi bagasi.

Tipe Mobil Berdasarkan Karakteristiknya
Sumber image : autoweek,com

Biasanya mobil jenis sedan dipilih karena lebih simple namun tetap tampak luxurious dan bisa meningkatkan gengsi. Salah satu contohnya adalah Lexus LS series yang merupakan tipe mobil dengan karakteristik sedan kelas premium.

Dari sisi eksteriornya, Lexus LS series dikemas dengan tampilan ciamik yang identik dengan spindel grille nya. Sementara dari sisi interior, Lexus LS series telah dirancang dengan material premium pilihan yang membuat penumpang bisa merasakan kenyamanan dan kemewahan berkendara sekaligus.

Itulah 4 tipe mobil berdasarkan karakteristiknya yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum membeli mobil. Pastikan yang dibeli sesuai kebutuhan agar tidak terlalu sering gonta-ganti mobil dalam tempo waktu berdekatan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password