Tips Membeli Motor Bekas Kualitas Motor Baru

motor bekas

Otorev – Sudah sewajarnya Anda merasa bimbang sebelum membeli motor bekas. Takut ditipu, mendapatkan harga yang tak layak, bahkan terkecoh legalitas yang tak jelas. Ada berbagai risiko yang membuatmu harus super teliti sebelum membeli motor bekas.

Banyak penjual memoles motor dagangannya sedemikian rupa, menutupi kekurangan produk hingga bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi dari seharusnya. Namanya juga pedagang, tentunya punya trik berjualan dan yang pasti sah-sah aja. Tapi, Anda nggak boleh pasrah, Anda juga harus punya tips dan trikmu sendiri.

Tenang, di sini OtoRev.com sudah menghimpun segalanya yang perlu Anda tahu tentang membeli motor bekas. Yuk, simak!

Baca juga : Jangan Modif Mobil Sembarangan, Ini Bahayanya

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Motor Bekas

1. Tentukan Dulu Motor Apa yang Mau Anda Beli

Tentukan dulu jenis motor yang mau Anda beli. Apakah motor bebek, skuter matik, atau sport? Tentukan juga tipe dan pabrikan pembuatnya, karena tiap merek punya keunggulan masing.

2. Ketahui Harga Pasaran

Jika tipe yang Anda cari masih mahal di pasaran, Anda bisa mencari produk keluaran tahun sebelumnya. Motor yang umurnya lebih tua biasanya dijual dengan harga lebih murah.

3. Periksa Kelengkapan Surat

Sekurang-kurangnya, sebuah unit motor harus memiliki STNK dan BPKB. Pemilik pertama juga kadang akan menyertakan faktur pembelian. Cek juga kecocokan nomor rangka dan nomor mesin di badan motor dengan yang ada di surat.

Angka-angka itu harus sama persis. Jika ada satu aja angka yang gak sama, kemungkinan besar motor itu memiliki surat palsu — atau lebih parah, adalah hasil pencurian.

4. Kondisi Body Motor

Ini yang lebih rumit. Pastinya Anda harus melihat apakah body motor dalam kondisi yang baik. Motor tersebut harus tanpa goresan, harus tidak penyok, dan tidak retak.

5. Cek Speedometer

Sekarang, mari kita beralih ke panel depan motor. Motor yang baik sudah semestinya memiliki speedometer, meteran bensin, indikator lampu, dan penghitung jarak yang berfungsi dengan baik.

Khusus motor gede, panel juga harus dilengkapi tachometer. Pastikan nggak ada keretakan atau bekas pembongkaran pada panel motor.

6. Periksa Juga Kelistrikan Motor

Cek kondisi kelistrikan dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, dan klakson. Pastikan juga apa starter elektrik bekerja seperti semestinya.

Jika salah satu komponen listrik di atas gak berfungsi sempurna maka ada masalah pada aki dan atau sekering motor.

Nah, itu dia tips-tips yang bisa OtoRev berikan. Anda bisa juga membeli beberapa produk motor second di situs online terpercaya seperti Olx atau Bukalapak yang diketahui menyediakan produk motor second dengan harga menarik. Nah, gunakan Aplikasi Akulaku, sehingga Anda bisa membayar produk yang Anda inginkan dengan dicicil, serta cicilan ringan dan tanpa bunga. Semoga bermanfaat dan selamat berburu motor bekas!

 

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password