5 Tips Praktis Membersihkan Dashboard Mobil

tips membersihkan dashboard mobil

Meski tempatnya terlindung yaitu di dalam kabin mobil, dashboard atau dasbor adalah salah satu bagian mobil yang paling mudah kotor. Pasalnya, dashboard merupakan bagian mobil yang paling banyak disentuh oleh pengendara. Selain itu, dashboard juga kerap terpapar sinar matahari yang berasal dari kaca depan mobil. Untuk itu, dashboard membutuhkan perawatan, sama seperti bagian-bagian mobil lainnya.

Salah satu cara merawat dashboard mobil adalah dengan membersihkannya secara rutin. Berikut adalah lima tips praktis membersihkan dashboard mobil yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

1. Gunakan Vacum Cleaner

vacum cleaner

Tips membersihkan dashboard yang pertama adalah dengan menggunakan vacum cleaner. Alat ini efektif untuk membersihkan debu yang kerap bersarang pada celah-celah dashboard. Gunakan vacum cleaner yang memiliki penyedot dengan ukuran kecil, sehingga mampu menjangkau celah-celah pada dashboard mobil Anda. Jangan paksakan menggunakan vacum cleaner dengan penyedot ukuran besar untuk membersihkan celah-celah dashboard Anda. Selain hasilnya tidak maksimal, hal itu bisa menyebabkan goresan pada dashboard Anda.

2. Gunakan Cairan Pembersih

cairan pembersih

Tips membersihkan dashboard yang kedua adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Beli cairan pembersih interior mobil yang tersedia di toko otomotif terdekat, kemudian oleskan secukupnya pada dashboard mobil Anda. Gunakan cairan pembersih secukupnya. Terlalu banyak menggunakannya justru akan membuat dashboard Anda terlihat kusam.

3. Gunakan Minyak Zaitun

minyak zaitun

Tips membersihkan dashboard yang ketiga adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun memang dikenal sebagai minyak yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya sebagai cairan pembersih dashboard mobil Anda. Caranya, cukup tuangkan sedikit minyak zaitun pada lap yang bersih dan lembut, lalu gunakan lap tersebut untuk membesrihkan dashboard. Hasilnya, dashboard tidak hanya akan bersih tetapi juga mengilap.

4. Gunakan Lap Mikrofiber

lap mikrofiber

Tips membersihkan dashboard yang keempat adalah dengan menggunakan lap mikrofiber. Lap mikrofiber sangat efektif untuk membersihkan bagian interior mobil, termasuk dashboard, karena sifatnya yang lebih mudah menyerap. Caranya cukup melembabkan kain dengan sedikit air lalu lapkan pada dashboard Anda. Pastikan kain tidak terlalu lembab, karena hanya akan membasahi dashboard dan membuatnya tampak kusam.

5. Semprotkan Pelindung Paparan Sinar Matahari

perlindungan dari sinar matahari

Tips membersihkan dashboard yang terakhir adalah dengan menyemprotkan pelindung paparan sinar matahari. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa dashboard merupakan bagian interior mobil yang paling banyak terpapar sinar matahari, maka perlu dilapisi dengan cairan pelindung sinar matahari.

Cairan tersebut akan melindungi dashboard mobil Anda dari kusam akibat panas sinar matahari. Selain itu, cairan pelindung sinar matahari juga akan mencegah dashboard Anda mengeluarkan bau tak sedap karena kerap terpapar sinar matahari.

Itulah lima tips praktis membersihkan dashboard mobil yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan membersihkannya secara rutin, dashboard mobil Anda akan tetap bersih dan mengilap. Jika Anda mendambakan mobil mewah yang tidak hanya dibekali dengan mesin yang tangguh tetapi juga desain eksterior dan interior yang menawan, Lexus bisa menjadi pilihan Anda.

Lexus dirancang oleh para desainer andal, membuat mobil keluaran pabrikan otomotif asal Jepang itu tidak hanya bisa digunakan sebagai alat transportasi tetapi juga bisa dinikmati sebagai karya seni.

Mobil Lexus juga dilengkapi dengan layanan purna jual yang lengkap. Selain service center yang mudah dijangkau dan suku cadang yang mudah ditemukan, ada juga layanan konsumen yang siap melayani segala pertanyaan Anda setiap saat via telepon.

Sumber Gambar : lexusasia, careyourcars, audiworld, informa, amazon, thesamba

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password