Tips Mengecat Body Part Motor Kesayanganmu Agar Kelihatan Baru Lagi

tips mengecat body part motor

Otorev – Motor kesayanganmu tersebut jika semakin sering digunakan, maka catnya bisa terkikis dan hilang. Beberapa pemilik kendaraan pun pada akhirnya ada yang memutuskan untuk mengecat ulang kendaraan kesayangannya. Apabila Anda juga ingin melakukan hal yang sama, maka Anda bisa ikuti tips mengecat body part motor di bawah ini agar Anda bisa mendapatkan hasil yang bagus, sehingga motor Anda pun akan terlihat baru lagi.

Oh iya, sebelum mulai mengecat motor kami sarankan agar Anda memilih cat motor dengan kualitas terbaik. Di Bukalapak, Shopee, BliBli, atau e-commerce lainnya Anda bisa mendapatkan cat motor berkualitas dari berbagai brand ternama. Silakan dipilih yang paling pas untuk motor kesayanganmu, lalu lakukan pembayaran dengan cicilan lewat aplikasi kredit terbaik AKULAKU agar makin hemat budget.

Tips Mengecat Body Part Motor Kesayanganmu Agar Kelihatan Baru Lagi

  1. Menentukan lokasi pengecatan

Tips Mengecat Body Part Motor Kesayanganmu Agar Kelihatan Baru Lagi

Pada dasarnya Anda memang bebas menentukan lokasi dimana Anda akan mengecat kendaraan kesayangan Anda tersebut. Setidaknya ada dua pilihan, yakni di ruang terbuka atau di ruang tertutup. Keduanya pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing – masing, khususnya yang ada kaitannya dengan sirkulasi udara serta perlindungan dari debu maupun kotoran yang beterbangan. Jika sudah menentukan lokasi pengecatan, silakan lapisi dinding dan lantainya supaya tidak ikut terkena cat. Tempatkan pula kipas angin untuk bantu perlancar sirkulasi udara.

  1. Menyiapkan kendaraan Anda

Untuk memudahkan proses pengecatan dan mendapat hasil yang baik, pisahkan beberapa part motor yang akan diperbaiki warnanya. Tetapi jika Anda memang tidak ingin repot, Anda juga bisa menutup beberapa bagian kendaraan yang tak ingin dicat menggunakan kertas yang cukup tebal dan selotip.

  1. Bersihkan permukaan bodi yang ingin dicat

Tips Mengecat Body Part Motor Kesayanganmu Agar Kelihatan Baru Lagi

Baca juga : Contoh Modifikasi Motor Beat FI Paling Keren dan Elegan

Cat pastinya tidak akan menempel sempurna apabila diaplikasikan pada permukaan yang kurang bersih. Oleh sebab itu pastikan permukaan part kendaraan yang akan dicat ulang sudah benar – benar bersih. Selain itu, pastikan juga tidak ada minyak yang menempel. Karena minyak bisa membuat cat sulit menempel di permukaan.

  1. Membuat permukaan part yang akan dicat jadi lebih halus

Cat pastinya tidak bisa langsung Anda aplikasikan ke permukaan part kendaraan. Jika ada bagian yang tidak rata, ini tentu akan membuat hasilnya kurang sempurna. Maka dari itu ratakan dulu permukaannya. Anda bisa pakai body filler untuk meratakan permukaan kendaraan yang tidak rata. Silakan aplikasikan body filler ini ke beberapa bagian yang memang tidak rata, atau pun terasa kasar. Body filler sendiri tergolong cepat kering. Jadi Anda perlu meratakan body filler yang sudah menempel dengan menggunakan amplas.

  1. Mulai proses pengecatan

Tips Mengecat Body Part Motor Kesayanganmu Agar Kelihatan Baru Lagi

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Motor Honda Sonic 150R Terbaru

Motor sudah siap dicat. Selanjutnya Anda juga perlu siapkan diri untuk melakukan proses pengecatan. Pakai masker. Ingat uap cat bisa sangat beracun bagi tubuh Anda. Jadi, pastikan untuk selalu pakai masker supaya tidak langsung terhisap. Pengecatan ada baiknya dimulai dengan mengaplikasikan dua lapisan epoxy ke atas permukaan motor. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi permukaan logam dari kelembaban dan juga korosi. Bila sudah, Anda bisa mulai mengaplikasikan cat yang diinginkan.

Ada baiknya Anda aplikasikan cat antara 4 – 5 lapisan. Semakin tebal maka hasilnya pun akan semakin terlihat baik. Walaupun demikian, aplikasi cat yang terlalu tebal secara berlebih juga bisa menyusahkan proses pemasangan part kembali yang sebelumnya sudah Anda lepaskan.

Proses pengecatan ini memang cukup panjang dan agak rumit. Butuh kemampuan khusus untuk melakukannya. Jika motor Anda sudah selesai dicat, Anda juga masih harus aplikasikan top coat supaya cat tidak cepat mengelupas. Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang tips mengecat body part motor kesayanganmu agar kelihatan baru lagi. Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password