Tips Mengendarai Motor Sport yang Aman

Mengendarai Motor Sport

Otorev.com – Sejak tahun 2012, Penjualan motor sport naik di setiap tahunnya hingga sekarang. Banyak anak muda terutama laki-laki yang menggandrungi motor sport karena motor sport lebih terlihat macho. Tapi dari kalian para pengendara motor sport atau bagi kalian yang belum pernah mengendarai motor sport sudah tahukah tentang tips mengendarai motor sport? Yuk mari intip tips dibawah ini

Tips Mengendarai Motor Sport

  1. Posisi Riding

Sebelum mengendarai motor sport carilah posisi duduk senyaman mungkin. G-spot adalah posisi untuk mendapatkan kestabilan dalam menggunakan motor sport . Kemudian posisi tangan harus rilex agar tidak cepat pegal dan lebih mudah mengendalikan posisi stang.  Dan pada posisi lutut mencengkeram atau memeluk tangki agar motor lebih mudah di kendalikan pada saat menikung dan saat melaju cepat.

  1. Teknik Pengereman

Biasakan gunakan keempat jarimu untuk melakukan pengereman agar lebih maksimal. Untuk dapet pengereman yang maksimal harus diawali dengan pengosongan gas. Lakukan pengereman dengan perlahan lahan, kombinasikan sistem pengereman depan dan belakang agar gerakan motor tetap searah gravitasi dan stabil sehingga dapat menyeimbangkan laju motor sport.

  1. Cara Menikung

Menikung atau belok dalam kondisi motor melaju kencang memang lebih sulit. Cara yang pertama posisikan badan dalam keadaan siap untuk melakukan tikungan, geser badan ke bagian dalam tikungan untuk mendapatkan keseimbangan atau body steering. Kemudian kombinasikan gas dan pengereman untuk menjaga kestabilan posisi. Posisi ideal kemiringan motor sport 50-53 derajat.

Baca Juga Ganti Ban Motor Kamu Jika Ada 4 Tanda Ini

  1. Perawatan Motor Sport

Gunakan ban soft compound dengan ukuran 120/60 depan dan 160/60 belakang unuk memaksimalkan laju motor sport. Service motor sport anda secara berkala, sebulan sekali atau setelah penggunaan 1500 – 2000 km agar mesin kembali ke peforma awal. gunakan oli khusus untuk motor sport dengan kekentalan 10w – 40w sebanyak 2 liter atau sesuai dengan takaran ruang mesin.

Gunakan bahan bakar yang memiliki oktan 92 atau lebih dan tidak mengandung timbal agar pembakaran mesin maksimal dan motor lebih bertenaga. Untuk kelistrikan, seringlah cek aki motor agar kelistrikan motor berjalan normal.

Terahir dan yang paling penting adalah keselamatan. Gunakan sarung tangan saat mengendarai moto . dan gunakan protector untuk melindungi badan khusunya bagian kaki. Jangan lupa gunakan helm SNI.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password