Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

otoRev.com – Fungsi aki bagi sebuah kendaraan memang sangat penting. Mobil tak akan bisa menyala tanpa aki karena aki memang sebagai sumber penghantar listrik dari sebuah kendaraan bermotor, termasuk mobil. Baiknya Anda selalu terapkan cara – cara yang tepat dalam merawat aki mobil agar aki mobil Anda selalu awet dan tidak mudah rusak.

Berikut ini kami berikan informasi mengenai tips merawat aki mobil agar awet yang dapat Anda terapkan. Dengan tips ini Anda bisa dapatkan aki mobil yang tidak mudah usang. Cek langsung informasinya di bawah ini!

Tips Merawat Aki Mobil Agar Awet

Tips Merawat Aki Mobil

Baca Juga : Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok

Periksa jumlah elektrolit aki

Langkah pertama dalam merawat aki mobil yang perlu Anda terapkan adalah dengan secara rutin periksa jumlah elektrolit baterai atau aki. Cara ini akan sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu periksa satu bulan sekali. Jika berkurang atau berada dibawah garis lower level, berarti elektrolit kurang dan perlu ditambah dengan air aki.

Periksa terminal baterai (Aki)

Langkah selanjutnya yang Anda perlukan adalah periksa bagian terminal baterai. Anda dapat memeriksa secara visual. Pastikan terminal baterai bebas dari karat, jamur atau terminalnya longgar. Jika berkarat dan berjamur segera bersihkan. Untuk membersihkan jika ada jamur pada terminalnya, Anda bisa manfaatkan air panas karena air panas sangat ampuh membersihkan area berjamur.

Baca juga : Cara Tepat Menjaga Aki Mobil Agar Tetap Prima

Panaskan mobil jika mobil jarang digunakan

Cara merawat aki mobil agar awet selanjutnya yang dapat Anda terapkan adalah dengan Anda panaskan mobil jika mobil jarang digunakan. Anda bisa panaskan mobil 15 menit setiap minggunya. Jika mobil sudah sering digunakan maka langkah memanaskan mobil adalah 15 menit setiap minggu tidak perlu dilakukan. Lakukan seperlunya saja dan sesuaikan dengan intensitas sering tidaknya Anda menggunakan mobil tersebut.

Itulah beberapa tips merawat aki mobil agar awet yang Anda perlu terapkan. Dengan cara diatas aki mobil Anda tak akan mudah rusak atau berjamur meski dalam jagka waktu yang cukup lama. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda semua.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password