Motor Injeksi Bisa Awet dan Prima? Begini Cara Merawat yang Tepat!

mesin motor injeksi

Tips Merawat Motor Injeksi – Saat ini, motor injeksi merupakan salah satu pilihan para produsen untuk diproduksi, karena banyaknya keunggulan serta kelebihan dari motor injeksi dibandingkan dengan motor biasa. Selain dari segi keunggulan dan kelebihan yang terdapat pada motor injeksi, kenyamanan saat digunakan juga menjadikan motor injeksi lebih dipilih oleh konsumen.

mesin motor injeksi
mesin motor injeksi

Kelebihan dan Keunggulan Motor Injeksi

Injeksi merupakan teknologi terbaru dari sebuah kendaraan bermotor dan sebagai penerus dari teknologi karburator pada kendaraan, teknologi yang mengadopsi sebuah metode pencampuran antara bahan bakar dengan udara guna menghasilkan sebuah pembakaran yang sempurna.

Proses tersebut membutuhkan sebuah perangkat bantu yang diberi nama injektor. Perangkat injektor inilah yang diberikan tugas berupa penyuplaian berupa pencampuran antara udara dan bahan bakar.

Adapun kelebihan dari sistem terbaru ini yaitu motor akan lebih irit dalam mengkonsumsi BBM. Dengan injektor yang bertugas untuk pencampuran udara dan bahan bakar lebih menghasilkan pembakaran yang sempurna. Dengan pembakaran yang sempurna tentu lebih berpengaruh pada konsumsi dengan bahan bakar yang lebih irit.

Keunggulan selebihnya terdapat pada kemudahan dalam penyetelan, karena jika masih menggunakan sistem karburator maka perubahan pengaturan pada AFR akan kebih sering terjadi.

Meski memiliki banyak kelebihan, motor injeksi juga membutuh perawatan supaya motor tidak rewel dan awet serta mampu menemani Anda dalam perjalanan yang jauh maupun yang dekat.

Jika Anda mempunyai motor dengan sistem injeksi, alangkah baiknya Anda simak tips dan cara merawat motor injeksi yang tepat.

Tips Merawat Motor Injeksi yang Tepat

tips merawat motor injeksi

1. Gunakan bahan bakar terbaik

Gunakan bahan bakar terbaik supaya perangkat injektor mampu menjalankan pembakaran motor Anda dengan sempurna, dan juga menjaga motor injeksi Anda agar tetap awet. Karena jika Anda memakai bahan bakar yang biasa atau kualitas buruk ditakutkan dapat menyebabkan tersumbatnya lubang injektor.

2. Selalu periksa kondisi aki

Anda harus memperhatikan kondisi aki motor, karena teknologi injeksi sangat bergantung pada aki sebagai penghidup mesin pada sistem pembakaran, dan berfungsi juga untuk aliran sumber listrik untuk sistem penghidup pembakaran.

3.Ganti Oli secara teratur

Penggantian oli secara teratur sangat penting untuk setiap motor terutama motor injeksi, gantilah oli motor maksimal paling lama setiap dua bulan sekali, atau ketika Anda sudah menempuh jarak 1000 km, agar pelumas mesin motor tetap berfungsi dengan baik.

4. Selalu periksa bahan bakar pada Tangki

Usahakan bahan bakar pada tangki jangan sampai habis atau kering, karena akan menyebabkan kerusakan injektor, yang disebabkan kotoran-kotoran yang ada pada tangki akan mudah terserap dan menghambat kinerja pada mesin motor injeksi yang Anda miliki. Jadi, usahakan jangan pernah kehabisan bahan bakar pada tangki motor Anda.

5. Periksa selalu ECU

ECU atau Electronic Control Unit adalah otak dari pengoperasian sistem Injeksi pada motor Anda, Keseluruhan unit Injektor baik takaran bahan bakar yang disemprotkan maupun buka tutup klep injektor diatur oleh ECU. jadi apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik , maka akan menyebabkan kerusakan pada motor injeksi Anda.

Itulah tips merawat motor injeksi sebagai pedoman agar motor injeksi Anda akan tetap awet dan juga prima. Bila ada kerusakan, Anda musti cepat melakukan perbaikan, sebelum motor Anda menjadi lebih cepat rusak.

Nah, Anda bisa mencoba membeli sparepart motor di berbagai toko online dengan memanfaatkan aplikasi Akulaku, loh. Tidak hanya sparepart motor, Anda juga bisa membeli apa saja dengan pembayaran kredit tanpa bunga lewat aplikasi Akulaku.

Jangan lupa juga, untuk pembaca situs Aidia Network, Anda bisa mendapatkan voucher menarik dengan menggunakan kode promo AIDIA 1 di aplikasi Akulaku Anda. Voucher yang dibagikan senilai Rp 700 ribu, loh. Sudah unduh aplikasi Akulaku, kan? Kalau belum, yuk unduh sekarang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password