Tips Mudah Merawat Tangki Motor Klasik

merawat tangki motor klasik

Merawat Tangki Motor Klasik – Jika Anda salah satu pemilik motor klasik, Anda wajib tau tentang perawatan tengki yang baik. Anda harus rajin menguras isi tangki motor Anda jika Anda jarang menguras tangki maka akan mengakibatkan tangki mengalami karat. Tidak hanya karat saja teng Anda akanmengalami keroposan .

Tujuan dari membersihkan sisa miyak dalam tangki agar mencegah masalah karat tersebut.Ini sangat penting karena bisa menjaga kualitas BBM yang masuk ke ruang pengabutan tetap terjamin. Bisa Anda bayangkan apabila minyak di dalam teng Anda tercampurkarat akan mengakibatkan kemacetan pada sistem karbulator Anda.

Apalagi untuk Anda yang sering mengisi minyak di eceran banyak sekali campuran air sehingga motor anda dapat mengalami kulitas BBM akan menjadi menurun. Bisa juga di sebabkan air masuk melalui sela-sela tutup tangki sudah jelek sehingga air bisa menyelinap masuk.

Beberapa bengkel biasanya menyarankan kuras tangki 3 bulan sekali.

Mereka juga bersedia melakukan layanan kuras isi tangki ini. Jika Anda punya cukup banyak waktu, tentu bisa melakukannya sendiri. Namun berhati-hatilah sebab meskipun gampang, dalam tangki Anda terdapat sensor dan pelampung tangki yang sensitif. Jika tidak, bisa-bisa Anda harus bekerja dua kali, membersihkan dan mengganti sensor.

Sebelum Anda memulai untuk membuka tengki Anda sendiri, ini hal-hal yang harus di perhatikan

1.Baskom dan botol. Baskom yang cukup lebar agar cukup menampung bensin dan botol untuk sisa-sisa bensin terakhir.

2.Selang kecil dan bening sepanjang 1-1,5 meter. Jika ukuran diameter selang terlalu besar, Anda akan kesulitan menyedotnya. Begitu pula jika terlalu panjang. Pilih yang bening, jadi Anda bisa memantau aliran bensin saat menyedot.

3.Kain berbahan dasar katun. Cari kain dengan ukuran cukup panjang agar bisa menjangkau dasar tangki dan mudah ditarik keluar. Pilih kain berbahan katun karena lebih menyerap bensin maupun air.

4.Pengait. Diperlukan pengait untuk mengail kain sewaktu-waktu kain Anda masuk kedalam tangki.

5.Tongkat kecil. Berguna mendorong kain lebih ke dasar tangki.

Cara Membersihkan Tangki

Merawat Motor Klasik ok

1.Pertama-tama, keluarkanlah isi tangki dari keran yang tersedia. Alirkan saja ke botol atau ke penampungan lain yang lebih besar seperti baskom. Posisi tangki masih di motor. setelah BBM berhenti mengucur, tutuplah kran dan lakukan tips berikutnya.

2.Kedua, masukkan selang dan lakukan penyedotan. Tangki tetap pada motor sementara Anda berjongkok di samping motor. Sediakan botol untuk penampungan sisa bensin yang diasumsikan bercampur air.

3.Ketiga, angkat tangki dari motor. Tetap posisikan tangki tegak dengan ujung berada di atas. Jika Anda merasa masih ada bensin dan air tersisa Anda bisa memasukkan kain katun untuk menyerap. Kain katun akan mengangkat air dan bensin sekaligus. Biarkan beberapa lama agar penmyerapan maksimal. Pada saat Anda memasukkan kain ke tangki, kadang-kadang Anda khilap sehingga seluruh kain tertelan ke dalam tangki. Jangan panik, tinggal Anda kail menggunakan kait yang sudah disediakan.

4.Setelah semua beres, masukkan kembali sisa bensin yang masih bagus ke tangki.

Jangan lupa, bagi yang sudah mendaftar dan registrasi serta verifikasi data diri di Akulaku, juga bisa membeli sparepart atau sukucadang motor di sejumlah toko online, loh. Jadinya, spare part yang Anda beli bisa dibayar secara kredit, tanpa bunga. Ingin mendapatkan voucher tambahan dari Aidia Network? Gampang!

Caranya, ketik kode promo AIDIA1 di aplikasi Akulaku Anda ketika akan transaksi. Setelah itu, dapatkan voucher dengan total senilai Rp 700 ribu persembahan Aidia Network bekerja sama dengan Akulaku.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password