4 Tips Merawat Mobil Saat Musim Penghujan

tips sederhana merawat mobil pada musim penghujan

Otorev – Sebagai alat transportasi yang digunakan sepanjang tahun, mobil Anda setidaknya melewati dua musim setiap tahunnya. Yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Saat musim penghujan, mobil membutuhkan perawatan ekstra. Pasalnya, air hujan dan kelembaban udara yang tinggi pada musim tersebut bisa mengganggu beberapa komponen mobil, bahkan merusaknya jika tidak ditangani dengan benar.

Berikut adalah empat tips sederhana merawat mobil pada musim penghujan yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah, sebagaimana dirangkum dari Auto Guide.

 

1. Jangan Biarkan Air Hujan Mengering di Body Mobil

Tips pertama merawat mobil saat musim penghujan adalah mencegah air hujan mengering di mobil. Setelah mobil Anda basah kuyup kehujanan jangan biarkan air hujan mengering dengan sendirinya. Segera cuci mobil Anda dengan air dan sabun lalu keringkan dengan seksama. Pasalnya, air hujan yang mengering dengan sendirinya bisa meninggalkan bekas bahkan merusak cat mobil.

 

2. Cegah Air Masuk ke Mesin

Tips kedua merawat mobil saat musim penghujan adalah dengan memeriksa mesin dan komponen lainnya dengan seksama. Banyak pemilik mobil yang abai dengan mesin dan aneka komponen di mobil mereka selama musim penghujan. Setelah mobil basah kuyup kehujanan, yang selalu mendapat perhatian utama adalah body. Padahal mesin dan komponen lainnya juga penting diperhatikan.

Periksalah bagian mesin Anda dengan seksama. Pastikan tidak ada air yang menerobos masuk ke sana, terutama setelah Anda melintasi jalan-jalan berair. Pasalnya, air yang masuk ke dalam mesin bisa membuat mobil Anda sulit dinyalakan saat akan dikendarai lagi.

 

3. Bersihkan Karet dan Kaca

Tips ketiga merawat mobil saat musim penghujan adalah membersihkan karet dan kaca. Setiap mobil memiliki bagian yang terbuat dari karet dan kaca. Saat musim penghujan, keduanya mesti mendapatkan perhatian khusus. Pasalnya, karet dan kaca akan mudah rusak jika sering basah karena terkena hujan, lalu kering dengan sendirinya karena terkena panas.

Selain menjaganya tetap kering dengan cara mengelapnya setiap habis terkena hujan, Anda juga bisa menyemprotkan cairan silikon untuk membuatnya lebih awet. Pastikan baca aturan pakai sebelum menggunakan cairan silikon pada karet dan kaca di mobil Anda.

 

4. Gunakan Karpet Tambahan

Tips keempat merawat mobil saat musim penghujan adalah dengan memasang karpet tambahan. Saat musim penghujan lantai mobil akan mudah basah karena terkena alas kaki penumpang yang basah karena air hujan. Selain membuat lantai mobil menjadi kotor, hal ini juga bisa memicu jamur pada lantai mobil.

Untuk mencegah hal itu, gunakan karpet tahan air untuk melapisi lantai mobil Anda. Jika lantai mobil Anda telah dilapisi karpet yang tidak tahan air, pasang karpet tahan air di atasnya. Keluarkan dan keringhkan karpet tersebut secara rutin supaya tidak menimbulkan bau tidak sedap di mobil Anda.

Itulah empat tips merawat mobil saat musim penghujan yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Pastinya saat musim penghujan mobil Anda membutuhkan perawatan ekstra agar tampilan dan performanya tetap prima. Jika Anda membutuhkan mobil mewah yang tangguh untuk segala musim, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Mobil-mobil keluaran Lexus tidak hanya dibekali dengan mesin yang tangguh tetapi juga desain eksterior dan interior yang menawan. Sementara dalam hal perawatan, mobil Lexus dibekali dengan layanan purna jual yang lengkap. Tidak hanya service centre yang memadai, tetapi juga layanan konsumen yang bisa dihubungi via telepon setiap saat.

Sumber gambar: samnewcarsindia.wordpress, shop.thomasvilletoyota, whichcar.com.au, 1freewallpapers, pinterest

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password