4 Tokoh Penting dalam Industri Otomotif Jepang

tokoh penting industri otomotif

Otorev.com – Jepang dikenal sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia. Merek-merek otomotif dari Negeri Matahari Terbit tersebut tidak hanya merajai pasar Asia, tetapi juga pasar Amerika dan Eropa, menggilas merek-merek otomotif yang lain.

Namun, tahukah Anda, kesuksesan industri otomotif Jepang bukanlah proses singkat. Hal itu adalah buah kerja keras ratusan tahun, mulai dari sejak negara tersebut mengecap modernisasi dan tumbuh menjadi negara industri pada awal abad ke-20. Dan, di balik kesuksesan tersebut ada tokoh-tokoh yang konsisten mengembangkan industri otomotifnya masing-masing. Berikut adalah 4 tokoh penting industri otomotif Jepang sebagaimana dirangkum dari Car Magazine. Jepang dikenal sebagai salah satu produsen otomotif terkemuka di dunia. Merek-merek otomotif dari Negeri Matahari Terbit tersebut tidak hanya merajai pasar Asia, tetapi juga pasar Amerika dan Eropa, menggilas merek-merek otomotif yang lain.

 

1. Torakusu Yamaha

Sumber: bio.izaygadget .com

Tokoh penting dalam industri otomotoif Jepang yang pertama adalah Torakusu Yamaha. Ia merupakan pendiri perusahaan Nippon Gakki yang kemudian berubah nama menjadi Yamaha Corporation. Perusahaan yang berdiri pada 1887 itu pada mulanya hanya memproduksi alat musik organ. Namun, sejak 1916, perusahaan tersebut mulai merambah dunia otomotif. Saat Perang Dunia II mereka sempat memproduksi baling-baling pesawat terbang.

Nippon Gakki pertama kali memciptakan purwarupa sepeda motor pertamanya pada Agustus 1954. Sepeda motor bernemsin 2 tak 125 cc itu diberi nama Yamaha YA-1. Nama itu dipilih untuk menghormati Torakasu Yamaha.

 

2. Soichiro Honda

Sumber: succeedfeed .com

Tokoh penting dalam industri otomotif Jepang selanjutnya adalah Soichiro Honda. Ia merupakan pendiri pabrikan otomotif Honda. Pada umur 16 tahun Honda tidak mau melanjutkan sekolah dan belajar mesin mobil secara otodidak.

Honda berambisi membuat berencana membuat mesin mobil sendiri. Mulai dari ring piston. Meski awalnya mengalami kegagalan, Honda akhirnya bisa membuat ring piston sendiri pada 1937. Namun, tidak lama kemudian, Perang Dunia II meletus dan meluluhlantakkan pabriknya.

Honda tidak kehabisan akal. Usai perang, ia membuat sepeda dari besi-besi bekas perang. Akhirnya, ia berhasil mengembangkan mesin motor dan meluncurkan sepeda motor pertamanya yang dinamai Deam D. Sepeda motor bermesin 2-tak 98 cc itu bisa digeber hingga kecepatan maksimal 50 km per jam.

 

3. Michio Suzuki

Sumber: waroenkotomotif .com

Michio Suzuki juga merupakan tokoh penting dalam industri otomotif Jepang. Ia mendirikan perusahaan otomotif Suzuki pada 1909. Perusahaan yang awalnya bernama Suzuki Loom Works itu didirikan di Hanamatsu, Prefektur Shizuoka. Pada 1940, perusahaan dirombak hingga namanya diubah menjadi Suzuki Loom Manufacturing.

Sejak Juni 1952, perusahaan mulai memproduksi kendaraan bermotor pertamanya yaitu sepeda motor Power Free 36cc. Kemudian sepeda motor Diamond Free 60cc pada 1953 dan Colleda 125cc pada 1955. Pada tahun yang sama, Suzuki juga memproduksi mobil Suzulight. Perusahaan itu kemudian berganti nama menjadi Suzuki Motor Co., Ltd.

 

4. Kiichiro Toyoda

Sumber: carmagazine .co.uk

Tokoh penting dalam industri otomotif Jepang selanjutnya adalah Kiichiro Toyoda. Ia adalah pendiri perusahaan mobil Yoyota. Toyoda merupakan seorang industrialis pertama Jepang, yang memopulerkan mesin tenun di negaranya.

Pada dekade 1920-an hingga 1930-an, Jepang dibanjiri oleh mobil-mobil keluaran Amerika Serikat seperti Ford dan GM. Hal itu membuat Toyoda resah dan terpicu untuk mendirikan perusahaan otomotif lokal. Ia berambisi membuat mobil yang diproduksi oleh Jepang sendiri.

Toyoda kemudian membongkar dan mempelajari mobil-mobil AS, dan berhasil membuat mobil serupa dengan mesin yang lebih efisien. Toyoda membuat blok silinder pertamanya pada Juli 1934 dan melakukan uji coba mobil pertamanya setahun kemudian. Adapun mobil penumpang pertama yang diproduksi Toyoda adalah Toyoda Model AA Sedan yang dirilis bulan September 1936.

Meski sempat terkendala pada saat Perang Dunia II, Toyoda yang saat itu telah berganti nama menjadi Toyota bertahan. Hingga pada 1955 perusahaan tersebut berhasil memproduksi Toyopet Crown Model RS yang merupakan mobil pertama yang sepenuhnya diproduksi di Jepang.

Itulah 4 tokoh penting industri otomotif Jepang. Lexus adalah “anak kandung” Toyota di segmen mobil mewah. Sebagai produk keluaran pabrikan otomotif terkemuka, Lexus tidak hanya dibekali dengan mesin bertenaga prima, tetapi juga desain eksterior dan interior yang menawan. Sehingga, penampilan Anda akan lebih berkelas dan elegan tatkala menjadikan Lexus sebagai bagian dari gaya hidup mewah Anda.

Sumber featured image: ft .com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password