Adu Fitur Toyota C-HR vs Honda HR-V, Tangguh Mana?

toyota c-hr vs honda hr-v

Persaingan industri otomotif telah melahirkan banyak jenis kendaraan yang tersedia di pasar otomotif. Tidak tanggung-tanggung, produsen kendaraan pun berupaya menguasai pasar dengan menawarkan produk terbaiknya.

Dalam hal ini yang benar-benar diuntungkan adalah konsumen. Konsumen memiliki pilihan yang cukup banyak di mana sang konsumen bisa bebas memilih jenis kendaraan sesuai selera mereka.

Namun dalam memilih kendaraan tentunya konsumen harus jeli, cermat, dan harus bijaksana agar tidak kecewa terhadap pilihan mereka. Produsen kendaraan pun harus sigap dengan kesempatan ini.

Mereka harus dapat menawarkan produk mereka kepada konsumen secara persuasif. Dari kesekian banyaknya produsen kendaraan mereka harus dapat bersaing secara kompetitif.

Dealer-dealer kendaraan benar-benar harus disiapkan dengan baik termasuk di Indonesia.

c-hrv
Sumber : hdcarwallpapers,com

Toyota meluncurkan Toyota C-HR sebagai produk terbarunya. Toyota C-HR ini diluncurkan pada 10 April 2018. Mobil ini dibanderol dengan harga sekitar 488,5 juta.

Harga ini cukup fantastis karena hampir mendekati angka 500 juta namun belum mengusung lampu LED untuk lampu depannya.

Namun harga fantastis ini sebanding dengan fitur yang ditawarkan. Adapun Toyota C-HR ini adalah produk premium karena memang ditargetkan untuk kalangan atas.

Kendati Toyota mengklaim bahwa tidak ada mobil pesaing sejenis yang berada di kelasnya, Toyota C-HR ini tetaplah sebuah produk yang bagaimanapun selalu memiliki kompetitor.

Mobil ini bergenre crossover dan cenderung berada pada kelas atas pada jajaran crossover sejenisnya. Nah, kali ini kita akan membandingkan Toyota C-HR ini dengan salah satu mobil bergenre crossover lain, yakni Honda HR-V.

Alasan mobil Honda HR-V ini dijadikan perbandingan adalah karena Honda HR-V ini merupakan mobil bergenre crossover terlaris di Indonesia, yakni dengan angka penjualan sebanyak lebih dari 30.000 unit pada tahun 2017 lalu.

honda hrv
Sumber : pinterest,com

Harga

honda hrv warna hitam
Sumber : Motor1,com

Toyota membanderol harga Toyota C-HR dengan harga 488,5 juta rupiah untuk Toyota C-HR 1,8L CVT single tone dan Toyota C-HR 1,8L CVT two tone dengan harga 490 juta rupiah terhitung Mei 2018.

Hal ini sebanding karena pasar yang ditergetkan adalah kalangan atas.

Sedangkan harga Honda HR-V dibanderol mulai dari 273,5 juta rupiah untuk Honda HR-V 1,5L MT dan yang paling mahal Honda HR-V 1,8L E CVT Mugen dengan harga 404,5 juta rupiah. Dalam hal harga, Honda HR-V menang.

Bangku

interior toyota chr
Sumber : stpeterssav,org

Baik Toyota C-HR maupun Honda HR-V memiliki kapasitas penumpang sebanyak 5 orang. Keduanya sama-sama menawarkan fitur kenyamanan.

Adapun kursi depan Toyota C-HR memiliki banyak ruang untuk kaki dan kepala di bangku depan namun agak sempit di bangku belakang.

Hal ini dikarenakan atap mobil yang cenderung miring. Bentuk jendela yang ada di bangku belakang Toyota C-HR mengharuskan penumpang untuk sedikit menunduk untuk melihat ke luar jendela.

Sedangkan pada Honda HR-V bangku depan cenderung sempit namun nyaman. Ruang kaki pun kurang lapang sehingga cukup merepotkan bagi orang yang memiliki postur tubuh tinggi.

Berbeda dengan bangku belakang di mana Honda HR-V memiliki ruang yang cukup luas. Namun atap Honda HR-V juga miring seperti Toyota C-HR.

Bagasi

bagasi
Sumber : sherwoodhonda,ca

Ruang bagasi Toyota C-HR memiliki kapasitas sebanyak 538.020 centimeter kubik dan mencapai 1.030.733 centimeter kubik saat bangku belakang dilipat.

Sedangkan Honda HR-V memiliki kapasitas sebanyak 688.099,4 centimeter kubik dan mencapai 1.665.031 centimeter kubik saat bangku belakang dilipat. Dalam hal ini Honda HR-V lebih unggul.

Dapur pacu

toyota chr vs honda hrv
Sumber : autoguide,com

Toyota C-HR mengadopsi mesin 2ZR-FBE 4 silinder dengan kapasitas 1,8 liter. Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 141 PS pada putaran 6.400 rpm dengan torsi puncak 170 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Output yang dihasilkan disalurkan pada penggerak roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis CVT 7 percepatan yang dapat dioperasikan secara manual.

Untuk dapat menyandingkan kekuatan dapur pacu Toyota C-HR kita akan menyandingkannya dengan Honda HR-V dengan spec tertinggi yakni Honda HR-V 1,8L E CVT Mugen yang dibekali mesin 4 silinder dengan kapasitas 1,8 liter.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 139 PS pada putaran 6.500 rpm dengan torsi puncak 169 Nm pada putaran 4.300 rpm.

Honda HR-V memiliki penggerak roda depan (FWD) yang sama dengan Toyota C-HR namun perbedaannya adalah transimisinya yang otomatis CVT yang dilakukan melalui paddle-shift. Dalam hal dapur pacu, Toyota C-HR lebih unggul.

Fitur keselamatan

mobil toyota c hr
Sumber : autonetmagz,net

Toyota C-HR dan Honda HR-V memiliki rem Anti-lock Braking System (ABS)+Electronic Brake force Distribution (EBD)+Brake Assist (BA), vehicle stabillity assist, dan hill start assist.

Namun Honda HR-V kalah dalam jumlah airbag yang hanya memiliki 6 kantong udara, sementara Toyota C-HR memiliki 7 kantong udara.

Fitur lain yang mengungguli Toyota C-HR adalah mobil ini sudah memiliki blind spot monitoring system dan rear cross traffic alert yang tidak dimiliki Honda HR-V.

Nah, demikianlah perbandingan antara Toyota C-HR dan Honda HR-V yang dapat kami sampaikan. Perihal penilaian final manakah mobil terbaik dari kedua mobil tersebut bergantung kepada peminat mobil-mobil tersebut.

Pengkajian atau perbandingan kedua mobil yang dapat kami berikan tidak lain merupakan perbandingan empirik belaka di mana hal tersebut tentunya tidak akan menggoyahkan minat atau selera orang pada mobil-mobil tersebut.

Sumber Featured Image : ototaiment,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password