Apa Bedanya Premium, Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Plus?

varian bahan bakar

Penggunaan bahan bakar akan mempengaruhi performa mesin dan usia mobil Anda dalam jangka panjang. Indonesia sendiri memiliki beberapa varian bahan bakar dengan berbagai tingkat oktan yang berbeda. Mulai dari premium, solar, pertalite, pertamax, dan pertamax plus. Untuk solar memang khusus diperuntukkan bagi kendaraan bermesin diesel, sedangkan empat lainnya memiliki perbedaan mendasar pada tingkat oktan masing-masing.

Mulai dari premium dengan nilai oktan terendah, sebesar 88, kemudian pertalite yang berada sedikit di atas yakni 90. Dua bahan bakar ini masuk ke dalam golongan bahan bakar reguler untuk kendaraan bermotor. Sementara itu, beberapa pembagian jenis bahan bakar dari lembaga-lembaga perminyakan, memasukkan bahan bakar beroktan lebih dari 90 adalah bahan bakar kelas atas.

Untuk pertamax, oktannya adalah 92 sedangkan pertamax plus pada tingkat oktan 95. Keterangan akan kedua jenis bahan bakar kelas atas tersebut, dilansir dari situs Mekanik Mitsubishi. Lantas apa ada keuntungan menggunakan bahan bakar dengan oktan tinggi? Untuk menjawabnya, Otorev menghadirkan beberapa fakta berikut ini untuk Anda.

1. Sesuaikan Kebutuhan Mobil

pengisian bahan bakar

Jika mobil Anda tidak membutuhkan konsumsi bahan bakar beroktan tinggi, sebenarnya penggunaan bahan bakar dengan oktan tinggi tidak akan memberi banyak pengaruh. Dikutip dari True Car, Federal Trade Commision mengungkapkan bahwa pada kebanyakan kasus penggunaan bahan bakar beroktan lebih tinggi dari yang dibutuhkan tidak akan membawa dampak apapun. Jadi jangan mengharapkan performa mesin meningkat, menjadi lebih cepat, atau menjadi makin irit.

2. Mobil dengan Kebutuhan BBM Oktan Tinggi

oktan tinggi

Pada mobil-mobil yang mencantumkan kebutuhan oktan tinggi untuk bahan bakarnya, juga tidak akan menimbulkan banyak masalah ketika menggunakan bahan bakar reguler. Alasan mobil mewah ‘meminta’ bahan bakar premium adalah mobil mewah memiliki mesin dengan kompresi yang tinggi. Dengan menggunakan oktan yang disarankan, mobil akan menunjukkan performa seperti yang dijanjikan. Memang akan memakan biaya sedikit lebih tinggi, tapi untuk jangka panjang, upayakan untuk menggunakan bahan bakar sesuai dengan petunjuk.

3. Mobil Khusus

bahan bakar shell

Mobil dengan mesin turbocharger memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil tanpa turbocharger. Penggunaan bahan bakar beroktan tinggi sangat disarankan agar tidak muncul apa yang disebut dengan knocking, yakni suara piston yang terdengar karena pembakaran yang terjadi kurang efektif. Dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, Anda akan merasakan kinerja mesin pada tingkat paling efektif.

4. Performa Maksimal

lexus lfa

Pada mobil yang membutuhkan bahan bakar beroktan tinggi, ini hanyalah agar mobil yang Anda kendarai bisa menunjukkan performa terbaiknya ketika mengaspal. Anda tidak akan merasakan tenaga sebesar yang dijanjikan ketika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan lebih rendah daripada yang disarankan. Meski beberapa orang tidak terlalu merasakan perbedaan tenaga yang dihasilkan mesin, namun untuk penggemar mobil mewah dan sport tentu akan mengetahui betul bahwa tenaga yang dikeluarkan berbeda ketika menggunakan bahan bakar reguler dengan bahan bakar beroktan tinggi.

5. Ukuran Oktan Berbeda

ukuran oktan berbeda

Pada setiap negara, ukuran oktan kualitas atas dan reguler berbeda-beda. Di Indonesia, premium dan pertalite yang beroktan 88 dan 90 masih masuk kedalam bahan bakar reguler sedangkan pertamax dan pertamax plus dengan oktan 92 dan 95 masuk ke dalam bahan bakar beroktan tinggi. Pada negara lain, oktan bahan bakar berkisar antara 87 hingga 89 untuk kelas reguler.

Melihat beberapa fakta di atas, tentu pada akhirnya penggunaan bahan bakar reguler atau yang memiliki oktan tinggi memang bergantung pada Anda sebagai pemilik mobil. Namun demikian, akan lebih baik jika Anda konsultasikan hal ini dengan mekanik resmi dari produsen mobil Anda.

lexus rx

Jika kemudian Anda menggunakan salah satu produk Lexus, Anda bisa langsung menghubungi dealer atau showroom terdekat untuk informasi lebih lanjut. Layanan kelas atas dan informatif akan senantiasa Anda dapatkan. Lexus sebagai salah satu produsen mobil mewah dunia selalu berkomitmen pada kepuasan pelanggan setianya. Untuk pilihan lain, Anda juga bisa melihat seri hybrid dari Lexus yang memadukan bahan bakar minyak dan elektrik untuk tingkat emisi yang lebih rendah dan ramah lingkungan.

Sumber Gambar : tribunnews, autoguide, redbubble, thoughtco, autocar, planet-lean, lexus

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password