Velg Besar Pada Mobil, Perlukah?

velg besar pada mobil

Tampilan kendaraan Anda menentukan kesan apa yang akan melekat pada persona Anda. Warna, tipe, brand, seri, aksesoris, roda, hingga fitur yang melekat pada mobil, tentu akan ikut berpengaruh. Misalnya saja Anda mengendarai sebuah sedan, tentu kesan yang ditimbulkan akan berbeda dengan ketika Anda mengendarai sebuah SUV.

Kesan tersebut juga muncul dari detil mobil yang Anda kendarai. Bagian velg, seringkali jadi satu detail yang menarik perhatian orang untuk mengamatinya lebih dalam. Beberapa orang beranggapan, velg yang berdiameter besar akan memperkuat kesan sporty pada kendaraan Anda. Ada juga yang berkata, velg besar menandakan Anda adalah seorang yang jantan dan suka tantangan.

Berbagai kesan yang muncul tentu bersifat subjektif. Tapi secara praktis, adakah perbedaan penggunaan velg diameter besar dan diameter kecil? Meski memang setiap mobil telah dibekali dengan velg berdiameter sesuai dengan ukuran pabrik, apakah penggantian diameter velg memiliki efek signifikan? Berikut ulasan tim Otorev mengenai perbedaan ukuran velg mobil yang Anda kendarai.

1. Makin Besar Velg, Makin Besar Ban

mobil ban besar

Penggunaan velg yang lebih besar dari standar, tentu akan membutuhkan ukuran ban yang lebih besar pula, baik diameter maupun lebarnya. Otomatis menambah pengeluaran Anda untuk mempercantik tunggangan kesayangan. Biaya tersebut akan lebih membesar jika ternyata Anda harus mengatur ulang pengaturan body mobil untuk menyesuaikan velg baru.

2. Konsumsi Bahan Bakar dan Perawatan

Ketika Anda mengganti velg dengan ukuran yang lebih besar, tentu secara langsung beban kerja mesin akan meningkat. Walaupun memang ada tipe velg yang menggunakan bahan karbon sehingga massanya lebih kecil. Tapi kebanyakan velg yang beredar di pasaran berbahan dasar alumunium. Aluminium memiliki massa yang lebih besar daripada karbon. Meskipun ukurannya sama, namun memiliki berat yang berbeda.

Dengan meningkatnya berat total mobil, maka beban kerja mesin juga akan meningkat. Mesin akan ‘dipaksa’ menghasilkan tenaga dan performa yang sama dengan beban yang lebih besar. Memang mengganti velg dengan ukuran lebih besar akan membuat mobil Anda makin cantik, tapi dengan konsumsi bahan bakar yang juga lebih dari biasanya. Mungkin Anda ingin memikirkan lagi ihwal penggantian velg ini.

3. Kenyamanan Berkendara

jalan berlubang

Penggantian velg yang berdiameter lebih besar, menuntut Anda untuk mencari ban yang sesuai dengan ruang roda mobil Anda. Ruang roda yang dipenuhi dengan velg besar, akan membuat ban yang digunakan harus memiliki bentuk lebih tipis daripada ukuran normal. Hal ini akan berakibat pada getaran yang muncul ketika Anda berkendara karena perbedaan daya serap yang dapat ditanggung roda secara keseluruhan. Beban tambahan juga akan masuk pada per di setiap kaki mobil Anda. Akibatnya masa pemakaian spare part di bagian kaki-kaki mobil menjadi lebih pendek.

Ukuran velg memang sangat bergantung pada kemampuan mesin dan setelan standar kendaraan Anda. Beberapa mobil hanya ‘mengijinkan’ penggantian velg pada ukuran tertentu untuk menjamin performa mesinnya. Meski demikian, pabrikan mobil mewah tak jarang menyematkan velg berukuran besar pada mobil produksinya. Sebut saja beberapa mobil dari produsen Jepang, Lexus.

Lexus-LS-500-F

Lexus dikenal sebagai produsen mobil yang selalu mempertimbangkan tampilan unit produksinya. Desain yang cantik dan eksklusif telah menjadi ciri khas dari produsen ini. Beberapa seri mobil Lexus bahkan dilengkapi dengan velg berdiameter besar. Namun tidak usah cemas, velg jumbo ini telah disesuaikan dengan kapasitas mesin dan sistem yang terhitung cermat. Anda akan mendapatkan tampilan cantik dan performa yang mengejutkan, keseimbangan yang ada pada setiap mobil mewah produksi Lexus.

Sumber Gambar : chickencoopsaustralia, autoevolution, vlci, theaa, modifikasi

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password