Vitalnya Fungsi Vehicle Stability Control, Jaga Mobil Agar Tak Limbung!

Vehicle Stability Control

Tahukah Anda bahwa salah satu faktor penting kenyamanan dan keamanan berkendara terletak pada optimal tidaknya sistem suspensi? Berbagai manufaktur mobil secara khusus meningkatkan kualitas sistem tersebut dengan mengaplikasikan teknologi mutakhir. Toyota sebagai salah satu produsen mobil populer pun tak ketinggalan. Tercatat, manufaktur ini memiliki Vehicle Stability Control atau VSC yang memiliki guna sangat vital. VSC memiliki 3 peran, yaitu:

Peran Vehicle Stability Control (VSC)

1. Menjaga kemiringan mobil saat berbelok

Sumber : toyota.astra.co.id

2. Menjaga mobil tetap stabil terutama saat berbelok

Sumber : toyota.astra.co.id

3. Menjaga mobil agar tidak jatuh saat terjadi selip

Sumber : youtube,com

Melansir dari otomotifo.com, VSC mampu mendukung ketiga fungsi tersebut dengan mengatur sekaligus melakukan pengontrolan pada kecepataan kendaraan. Caranya? Secara ringkas, sistem akan secara selektif memberikan pengereman pada roda yang membutuhkan. Misalnya, sistem akan mendeteksi status berkendara secara berkelanjutan. Ketika terjadi masalah seperti roda belakang mengalami selip, maka akan dilakukan pengurangan kekuatan mesin. Selanjutnya, VSC akan memberikan pengereman ke tiap roda sehingga pada akhirnya mobil bisa berjalan pada jalurnya kembali.

Melihat fungsi VSC tersebut, dapat disimpulkan, komponen ini memang punya peran begitu vital. Apalagi untuk memastikan pengalaman berkendara yang nyaman. Bukankah kenyamanan berkendara adalah salah satu aspek penting? Di jalanan yang lurus tanpa banyak kelokan, barangkali sistem seperti ini tak dianggap begitu penting, tapi bagaimana bila kita harus berkendara pada area dengan banyak tikungan? Selain itu, fungsi Vehicle Stability Control juga krusial menjaga keselamatan pengguna dengan memastikan posisi mobil stabil. Tak heran Toyota begitu membanggakan inovasi pada sistem suspensinya tersebut. Contoh keluaran Toyota yang menerapkan VSC adalah All New Toyota Rush 2018.

All New Toyota Rush 2018 adalah generasi terbaru Rush yang mampu mengatasi kekurangan generasi pendahulunya berkat VSC. Kini dengan fungsi Vehicle Stability Control yang sangat baik pada sistem suspensi, model ini menjadi salah satu mobil SUV berperforma bagus yang menawarkan kenyamanan dan keselamatan berkendara.

 

Sumber Features Image : toyota.astra.co.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password