Kapan Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dikendarai?

waktu ganti oli yang tepat untuk motor

Otorev – Kendaraan bermotor tidak hanya bisa kita gunakan sehari – hari. Namun juga membutuhkan perawatan dan juga servis berkala. Jika hal sederhana ini malah tidak terpenuhi bisa muncul kemungkinan motor kita malah memiliki banyak kendala. Mulai dari starter yang sulit hingga kondisi mesin yang tidak maksimal. Servis sederhana yang patut untuk diperhatikan adalah kapan waktu ganti oli yang tepat untuk motor yang jarang dikendarai. Sebab kondisi motor yang jarang digunakan dengan motor yang sering digunakan akan jelas berbeda.

Oli merupakan hal penting yang dibutuhkan mesin atau komponen motor. Sebab oli akan membuat pengendara menjadi lebih aman dalam berkendara jika diganti pada waktu yang tepat. Jika selama ini merasa kesulitan untuk mengetahui kapan waktu ganti oli yang tepat untuk motor yang jarang dipakai, kita memang bisa menggunakan buku panduan. Motor baru selalu memiliki buku servis yang berfungsi untuk menjadi panduan dalam melakukan perawatan berkala.

Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dikendarai

Mengganti oli jika dilihat dalam jadwal servis berkala tentu menjadi sebuah kewajiban. Jika tidak ingin motor memiliki masalah maka jangan lewatkan penggantian oli ini. Namun apa jadinya jika motor tersebut ternyata jarang digunakan? Kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli? Jika pertanyaan ini sempat muncul dalam benak anda, simak ulasan dibawah ini selengkapnya.

Semua ketentuan servis berkala yang ada pada buku panduan misalnya memang sudah dicantumkan dengan baik. Terutama mengenai kapan waktu ganti oli yang tepat untuk motor yang jarang dikendarai. Lihat manakah yang dicapai terlebih dahulu. Apakah kilometer ataukan bulan. Jika sudah mencapai kilometernya maka sebaiknya segera mengganti oli. Namun, jika motor jarang digunakan dan belum mencapai kilometer maka bisa melihat hitungan bulannya.

Meski secara jarak tempuh atau kilometer memang belum waktunya untuk ganti, motor sebaiknya tetap dilakukan servis atau penggantian oli. Terutama motor yang jarang digunakan sampai dengna waktu 3 bulan lebih. Sebaiknya pemilik motor menggunakan patokan per 3000 kilometer. Apabila tidak digunakan tetap lakukan pemanasan atau warm up mesin. Tujuannya jelas berfungsi sebagai sirkulasi pelumasan pada motor tersebut.

Motor yang tepat waktu untuk diganti olinya akan memiliki performa lebih maksimal. Sebaliknya jika motor tersebut memang tidak dirawat dengan baik bukan tidakmungkin sering muncul permasalahan pada mesin atau komponen motor lainnya. Pastikan untuk melihat atau mengacu pada buku panduan servis atau buku manual. Buku tersebut akan membantu pemilik motor mengontrol penggunaan motor dan memperhatikan kapan waktu ganti oli yang tepat untuk motor yang jarang dikendarai.

Kenyamanan dan keamanan dalam berkendara tentu menjadi hal utama. Salah satu factor yang bisa kita perhatikan ialah kondisi kendaraan bermotor kita. Pastikan untuk tidak berkendara dengan kondisi motor yang rawan rusak atau karena kondisi badan yang tidak fit. Dua hal ini bisa mengganggu konsentrasi berkendara kita. Menghindari kedua kondisi tersebut juga akan menghindarkan kita dari kecelakaan dalam berkendara.

Ketahui dan cek kapan waktu ganti oli yang tepat untuk motor yang jarang dikendarai. Sebab penggantian oli akan sangat berpengaruh pada mesin dan juga performa motor. Gunakan oli terbaik dan pastikan bahwa oli tersebut memanglah asli. Lebih baik lagi melakukan penggantian oli di dealer resmi sesuai merek motor Anda, karena mereka tahu mana jenis oli yang cocok dengan motor Anda. Lakukan juga servis berkala pada bengkel atau dealer resmi pada motor anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password