Kapan Waktu Ideal Mengganti Oli Mesin Diesel?

oli mesin diesel

Otorev – Oli Mesin Diesel –  Semua komponen pada sebuah mobil, sudah seharusnya untuk dijaga dan dirawat dengan baik. Hal ini ditujukan agar kondisi dan performa mobil dalam kedaan prima. Yang demikian ini tentu akan lebih nyaman untuk Anda dan keluarga saat mengendarainya.

Salah satu komponen pada mobil yang harus dirawat dengan baik dan secara berkala adalah mesin. Mesin ibarat nyawa bagi sebuah mobil. Tanpa adanya mesin, tentu mobil tidak akan bisa hidup dan digunakan seperti semesatinya.

Perawatan pada mesin mobil ini salah satunya adalah rutin melakukan penggantian oli mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas agar mesin mobil bisa bekerja dengan lancara dan dalam performa maksimal. Hal tersebut juga berlaku pada mesin mobil diesel. Tetapi, kapankah waktu ideal untuk mengganti oli mesin diesel tersebut?

Waktu Ideal Mengganti Oli Mesin Diesel

Ganti Oli Mesin Diesel

Sejatinya mesin diesel memiliki ketahanan yang cukup tinggi atau terbilang sangat bandel. Tetapi demikian, jika tidak dirawat dengan baik maka bisa saja performa menurun atau bahkan rusak seperti mesin pada umumnya. Salah satu perawatan yang wajib dilakukan pada mesin diesel ini adalah melakukan penggantian oli.

Mengganti oli mesin diesel bisa dilakukan ketika mobil sudah dipacu dijalanan hingga mencapai 5.000 kilometer. Atau lebih mudahnya, lakukan penggantian oli mesin diesel setiap 3 bulan sekali.

Tetapi untuk mobil yang jarang sekali dipakai, atau setidaknya hanya dipakai setiap 1 minggu sekali, maka waktu penggantian bisa sampai 2 kali lipat. Anda bisa mengganti olinya setiap 6 bula sekali.

Waktu ideal penggantian oli mesin diesel ini sendiri didasarkan dari kinerja mesin. Jika mobil sering digunakan dan setiap harinya bisa menempuh jarak yang lumayan jauh, berarti tenggang waktu penggantian bisa lebih cepat. Atau sebaliknya, semakin jarang mobil digunakan maka semakin panjang tenggang waktu penggantian olinya.

Waktu penggantian oli mesin diesel juga bisa dilihat dari buku panduan mobil dari pabrikan yang mengeluarkannya. Disana biasanya sudah tertera kapan waktu ideal untuk melakukan penggantian oli mesin yang tepat.

Demikian tadi penjelasan mengenai waktu ideal mengganti oli mesin diesel yang bisa kami bagikan. Semoga informasi diatas bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password