Yamaha FZ1, Moge Jokowi yang Digunakan di Pembukaan Asian Games

Yamaha FZ1, Moge Jokowi yang Digunakan di Pembukaan Asian Games

Beberapa hari yang lalu Indonesia menjadi tuan rumah dari perhelatan besar Asian Games 2018. Kehebohan dimulai saat berlangsungnya opening ceremony yang mana dilengkapi dengan atraksi moge Jokowi.

Terlepas dari banyaknya komentar atas stuntmant, yang menjadi sorot perhatian adalah hadirnya kendaraan yang digunakan saat atraksi tersebut. Dengan pesanan khusus, inilah pesanan motor yang berhasil mencuri perhatian.

Memang kendaraan yang digunakan pada saat itu lantas menjadi sorotan. Saat itu diceritakan bahwa Jokowi berpindah dari mobil dinas ke salah satu motor gede yang biasanya digunakan oleh paspampres.

Seperti film action, Jokowi langsung mengendarai motor tersebut dengan aksi freestyle yang keren. Banyak orang yang terkejut dengan aksi freestyle Jokowi dengan motor kerennya tersebut.

Yamaha FZ1, Moge Jokowi pada Saat Asian Games 2018

Motor gede yang dikendarai pada video tersebut dikenal sebagai Yamaha FZ1. Motor ini adalah tunggangan dari unit pengawalan bermotor paspampres. Informasi ini sempat dikonfirmasi langsung oleh pihak Yamaha yang mana membenarkan Moge Jokowi tersebut.

Yamaha FZ1 ini adalah moge Yamaha dengan gaya naked bike streetfighter dengan membawa mesin 4-silinder serta memiliki kubikasi 998 cc DOHC dan juga sistem injeksi. Sementara daari segi jantung pacunya sendiri memiliki semburan tenaga mencapai 150 tk dengan torsi 106 Nm yang juga dikombinasikan menggunakan transmis manual 6-percepatan.

Tidak sampai disitu saja, Moge Jokowi ini juga dikenal sebagai FZ1 yang mana digunakan sebagai unit pengawalan bermotor paspampres sejak tahun 2010. Tahun tersebut sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun sayangnya tidak diketahui pasti berapa harga dari motor ini. Motor ini merupakan pesanan khusus dan digunakan untuk paspampres.

Baca Juga : Harga Yamaha Mio S Terbaru 2018 dan Review Spesifikasinya

Spesifikasi Moge Jokowi, Yamaha FZ1

Spesifikasi lengkap dari moge Jokowi ini begitu menarik perhatian. FZ1 Fazer tunggangan paspampres ini cukup keren dan canggih. Beberapa diantaranya seperti :

Model motor gede ini adalah Yamah FZ-1 Fazer di tahun 2006. Meisn dari kendaraan ini adalah four stroke, DOHC, transverse four cylinder, 5 valve per cylinder. Sementara kapasitas dari motor ini adalah 998 cc/ 60.9 ci-in. Bore x strokenya adalah 77×53.6 mm. Memiliki cooling system liquid cooled dan compression ratio 11 : 5 : 1. Dari sistem lubrikasi sendiri menggunakan wet sump dan juga engine oil adalah synthetic 20W/40.

Baca Juga : Modifikasi Unik Yamaha Scorpio yang Mencuri Perhatian Dunia

Yamaha FZ1 ini juga memiliki induction fuel injectioon. Sementara ignitionnya sendiri memiliki digital TCI transistor controlled ignition with 32-bit ECU. Sementara spark plug menggunakan NGK dan juga CR9EK dengan starting electric. Menggunakan max power 146.8 hp dengan 108 kW @11000 rpm. Dari segi max torque 106 Nm/ 10.5 kgf-m/ 76.7 ft-lb @8000 rpm. Untuk clutchnya menggunakan wet, multiple discs dan hydraulic operated. Transmisinya sebesar 6 speed dengan final drive O-ring chain.

Untuk frame yang dimiliki Moge Jokowi ini adalah aluminium die-cast, diamond shaped dan front suspension telescopic upside forks. Sementara dari front wheel travel dengan 130 mm dan juga 5.1 in. Rear suspension yang dimiliki adalah link-type swingarm dengan rear wheel travel 130 mm.5.1 in. Sementara dari front brakes sendiri ukuraannya adalah 2×320 mm discs dengan 4 piston calipers. Front tyre 120/70 ZR17. Rear tyre yang dimiliki sebesar 190/50 ZR17.

Baca Juga : Modifikasi Cafe Racer Yamaha XJR1300 dari Deus Ex Machina

Moge Jokowi yang digunakan pada saat pembukaan Asian Games 2018 ini memang menjadi sorot perhatian. Tak hanya dikalangan pecinta motor gede saja, melainkan seluruh masyarakat yang sudah menyaksikannya. Sebab dari tampilannya yang gagah ternyata diketahui bahwa motor ini memang pesanan khusus untuk paspampres. Motor yang datang dari Yamaha FZ1 memiliki desain khusus dan dengan performa mumpuni. Dengan spesifikasi handal untuk berkendara mengiringi presiden sebagai paspampres.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password